post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KUKU bayi biasanya cepat tumbuh lho, Mom. Untuk itu perhatian khusus pad kuku bayi sangat dibutuhkan. Selain kuku panjang bisa melukai dirinya sendiri, kuku panjang juga menjadi sarang penyakit.

Anda juga harus mewaspadai kuku yang tumbuh ke dalam kulit. Kuku yang tumbuh ke dalam atau ingrown nails bisa menimbulkan rasa sakit.

Cantengan ditandai dengan memerahnya sudut jempol kaki. Dilanjutkan dengan kulit yang sedikit membengkak. 
Melansir verywellfamily, Jjka dibiarkan maka bengkak itu akan mengeluarkan cairan yang  berbau. Anak akan merasa kesakitan bahkan menangis setiap kali bagian tersebut di sentuh.
Penyebab cantengan adalah kuku yang terlalu panjang hingga menusuk kulit kakinya, atau justru dipotong terlalu pendek sehingga ketika tumbuh mendorong kulitnya.

Lalu bagaimana jika anak menderita cantengan?
Sebagai pertolongan pertama, maka rendamlah kaki anak ke dalam air hangat yang sudah dicampur sabun. Ini berguna agar kuku jempol kakinya melunak.  Setelah 10 menit,  pijat bagian samping kulitnya pelan-pelan agar kuku tidak menempel pada kulit.

Lalu keringkan kakinya. Selipkan kapas pada bagian ujung kakinya agar tidak kembali menusuk. Lakukan sekurangnya 5 hari hingga kondisi kaki kembali normal.

Infeksi bisa saja terjadi, ketika kondisi tidak membaik, kuku malah pecah-pecah atau warnanya tidak bening, maka segera konsultasi ke dokter.

Sebaiknya, Anda perlu mengetahui perawatan kuku untuk buah hati agar terhindar dari cantengan.

Yaitu, menggunting kuku menggunakan alat yang bersih. Potonglah kuku dengan rata (tidak dibentuk bulat/oval pada bagian ujungnya), lalu jangan memotong terlalu pendek, sisakan sedikit di atas kuku yang berwarna putih.  Tidak menunggu kuku panjang untuk memotongnya agar sudutnya tidak menekan kulit.(F)

Mengenal Saffron, Rempah Termahal di Dunia

Sebelumnya

Jangan abaikan Gejala Stroke, Termasuk Cegukan!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World