post image
Nur Fitasari/Net
KOMENTAR

HARI ini, Tentara Nasional Indonesia atau TNI merayakan ulang tahunnya yang ke-74.  Upacara peringatan, dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di  Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

TNI telah mengalami banyak perkembangan dan penyempurnaan organisasi dalam melaksanakan perannya sebagai kemananan dan pertahanan negara. Termasuk perekrutan anggota perempuan.

Nah, ini dia wajah cantik  di antara yang ada di TNI. Farah perkenalkan dua nama yang pernah viral dan menjadi idola.

1.  Ambar Dwi Claudia.
Ia berasal dari TNI Angkatan Laut dengan pangkat Sersan Dua atau Serda Kowal.

Sosoknya menjadi viral setelah mengawal Jokowi saat shalat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ia adalah satu-satunya paspampres wanita saat bertugas itu. Biasanya, paspampres didominasi kaum laki-laki.


Menjadi bagian dari pasukan pengaman presiden (paspampres) tidak mudah.  Tim ini harus selalu siap siaga ketika presiden turun ke publik. Jauh sebelum menjadi bagian pengawal presiden, Ambar telah melalui seleksi yang sangat ketat. Kekuatan Ambar harus teruji.

Kelahiran Sidoarjo, 29 Oktober 1996,  ini sebelumnya pernah gagal ketika mengikuti seleksi penerimaan tahun lalu. Maka ketika ia lolos seleksi di tahun berikutnya,  anak pertama dari pasangan Ngadianto (53) dan Sutilah (50) itu, sangat bersyukur. Ia menaruh harapan besar  dan ingin membuktikan jika bukan hanya anak anggota TNI yang bisa lolos seleksi.  Bahkan anak tukang sayur pun, bisa.

Ayah Ambar sehari-hari bekerja sebagai pengepul barang bekas. Sedangkan ibunya adalah pedagang sayur keliling.

2. Nur Fitasari

Gadis yang akrab disapa Fita ini pernah menyita perhatian saat  bergabung dengan Pasukan United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) di daerah Naqoura, Lebanon Selatan, selama Desember 2017 - Desember 2018.

Fita tergabung dalam kesatuan Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat. Sepulangnya dari bertugas di Libanon itu, ia kembali dipanggil tugas untuk   menjadi petugas haji.  Fita kemudian berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu dari sedikit anggota TNI yang masih sangat muda untuk menjadi petugas haji tahun 2019.  Ia sekaligus menyisihkan banyak dari para saingannya dan pada akhirnya mendapatkan tugas sebagai bagian dari anggota Sektor Khusus yang ditugaskan di Daerah Kerja (Daker) Mekah.(F)

Ini Dia Dua Astronot Wanita Pertama Yang Lakukan Spacewalk

Sebelumnya

Cerita Ibu, Dua Kali Jalani Proses Bayi Tabung Demi Kehadiran Sang Buah Hati

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women World