post image
KOMENTAR

BUKAN rahasia lagi jika daun salam populer sebagai obat berbagai macam penyakit. Daun salam dapat mengatasi masalah kesehatan seperti kolesterol, diabetes, kencing manis, maag, dan tekanan darah tinggi.

Bahkan, daun salam juga dinyatakan dapat membantu menurunkan berat badan. Daun ini tentu sangat mudah ditemukan di dapur karena merupakan salah satu bumbu rempah yang banyak dipakai untuk mengolah masakan Indonesia.

Selain manfaat di atas, daun salam ternyata dapat mengatasi beberapa masalah ini tanpa dikonsumsi.

Kita cukup membakar beberapa helai daun salam, maka segala macam masalah kecemasan akan hilang. Teknik ini sudah digunakan sejak zaman dahulu, budaya Mediterania.

Ternyata baunya yang sedikit menyengat justru memberikan banyak manfaat bagi pikiran dan tubuh. Inilah manfaat membakar daun salam bagi kesehatan.

Melawan kecemasan

Daun salam memiliki efek menenangkan. Linalool, minyak esensial yang terkandung dalam daun salam berguna untuk menenangkan pikiran dan mengurangi kadar kortisol dalam darah.

Dalam waktu 10 menit setelah mencium aroma daun salam bakar, linalool mulai bekerja.

 

 

Baik untuk pernapasan

Daun salam digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi pilek dan juga membunuh bakteri di saluran pernapasan. Daun ini memiliki efek merelaksasi pikiran yang dapat mengurangi peradangan pada pernapasan.

Membuat jantung lebih sehat

Saat mengalami kecemasan, otak mengaktifkan respons untuk melawan atau justru menghindar. Sistem ini memberikan dampak yang besar terhadap kinerja jantung.

Jantung berdenyut lebih cepat, bahkan membuat otot menjadi tegang. Asam kafeat dalam daun salam jelas dapat meningkatkan kesehatan jantung. Terlebih, senyawa ini juga merupakan antioksidan yang mampu melawan peradangan.

Cara membakar daun salam

Pertama, siapkan lebih dahulu mangkuk untuk membakar, 3 helai daun salam kering, dan korek api. Letakkan daun salam kering di mangkuk. Tempatkan di ruangan tenang di mana kita tidak akan terganggu oleh siapapun. Kemudian nyalakan korek dan bakar daun salam tersebut.

Sementara itu, kita bisa berbaring di sofa maupun di dekat daun salam yang terbakar. Daun salam yang terbakar akan melepaskan zat-zat aromatik tertentu yang dapat membantu kita pulih dari kelelahan. (F)

Sumber : nakita.grid.id

India Bersiap Larang Rokok Elektrik?

Sebelumnya

Kunci Tekan Resiko Kematian Dini: Sedikit Duduk, Banyak Bergerak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health World