post image
KOMENTAR

"....Kemerdekaan hendaknya dikenakan terhadap caranya anak-anak berpikir, yaitu jangan selalu "dipelopori", atau disuruh mengakui buah pikiran orang lain, akan tetapi biasakanlah anak-anak mencari sendiri segala pengetahuan dengan menggunakan pikirannya sendiri..." Ki Hajar Dewantara (Buku Peringatan Taman Siswa 30 tahun, 1922 - 1952)

KUTIPAN di atas kembali mengingatkan para orangtua dan pendidik negeri ini yang sudah 73 tahun merdeka, dengan satu kalimat tanya, "Apakah anak-anak kita sudah merdeka belajar?" "Apakah selama ini kita lebih cenderung menjejalkan sebuah konsep pemikiran kita ke anak-anak atau sebaliknya kita lebih sering mendengarkan suara anak?

Menurut Ki Hajar Dewantara, "Dalam pendidikan harus senantiasa diingat bahwa kemerdekaan itu bersifat tiga macam : berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang lain, dan dapat mengatur diri sendiri"

Berdiri Sendiri
Kemerdekaan belajar berarti mengakui anak sebagai subyek belajar, bukan objek. Anaklah yang menentukan untuk apa dia belajar dan mempelajari sesuatu, anak memiliki kewenangan dan inisiatif dalam belajar.

Tidak bergantung Kepada Orang Lain
Secara alamiah kehidupan sehari-hari anak mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi adalah proses aktivitas belajar. Anak-anak mencoba mencari jawaban dari rasa ingin tahu mereka yang tinggi, tanpa peduli ada orang dewasa di sekitarnya atau tidak. Anak-anak adalah pembelajar sejati.

Dapat Mengatur Diri Sendiri
Anak mampu mengelola diri akan kebutuhan belajarnya. Memilih cara dan media belajar yang sesuai dengan gaya belajarnya serta kondisi lingkungan sekitar di mana ia dibesarkan. Jadwal belajar anak tidak ditentukan dan dibuat oleh orang dewasa di sekitarnya, baik itu guru di sekolah maupun orangtua di rumah. Anak yang berada dalam kemerdekaan belajar bisa mengatur jadwal belajarnya untuk mencapai tujuan belajar masing-masing.

 

Lahir Dan Tumbuh Merdeka

Apakah semua anak lahir merdeka? Semua pasti akan menganggukkan kepala dan menjawab "iya".  Sejak lahir, anak-anak sudah memiliki empat hal fitrah dalam belajar yaitu:
1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (intellectual curiosity)

Bakat Anak VS Ego Orangtua

Sebelumnya

Ibu dan Ayah Tak Pernah Menyerah Pada Kemampuan Kami

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting