Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PASSIVE income alias "uang samping" adalah pendapatan tambahan yang diperoleh seseorang dari luar penghasilan utamanya.

Sebagai penghasilan tambahan, passive income mudah sekali dikerjakan dan bisa dilakukan. Bisanya passive income tergantung pada usaha saat membangunnya seperti kesabaran dan konsisten.Sehingga, seiring berjalannya waktu, hasilnya akan terlihat.

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mendapatkan passive income yang bisa dicoba.

1. Saham dividen
Salah satu cara untuk membangun aliran pendapatan adalah dengan berinvestasi pada saham dividen, yang mendistribusikan sebagian pendapatan perusahaan kepada investor secara berkala, misalnya per kuartal.

Saham dividen meningkatkan pembayaran dividen dari waktu ke waktu, sehingga membantu Anda meningkatkan pendapatan di masa depan. Sebagai bonus, saham dividen biasanya tidak terlalu bergejolak dibandingkan saham pertumbuhan, sehingga dapat membantu diversifikasi dan bahkan menstabilkan portofolio investasi Anda.

Investor juga dapat memilih untuk menginvestasikan kembali dividen ke dalam saham, sehingga berpotensi meningkatkan investasi Anda jika saham tersebut berkinerja baik.

2. Pinjaman peer-to-peer
Jenis pinjaman pribadi ini adalah di mana Anda (sebagai rekan) meminjamkan uang kepada peminjam. Anda akan mendapatkan penghasilan dalam bentuk bunga yang dibayarkan kembali. Untuk membantu mengurangi risiko gagal bayar peminjam, Anda bisa menyebarkan uang yang Anda investasikan, atau meminjamkannya kepada orang lain.

3. Membuat kanal YouTube
Memulai saluran YouTube adalah pilihan yang sangat baik untuk mendapatkan penghasilan pasif secara online. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, dan bahkan mempromosikan produk Anda.

4. Membuka kursus online
Setiap orang pasti memiliki keahlian yang bisa mereka ajarkan. Jadi, mengapa tidak menghasilkan uang dari keahlian Anda dan membantu orang lain dengan membuat kursus online?

Membuat kursus online juga tidak terlalu sulit, tetapi akan membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk memastikan kursus tersebut bermanfaat.

5. Menulis buku
Menulis buku adalah salah satu cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif. Tidak hanya dari potensi penjualan buku, tetapi juga mempromosikan layanan dan produk lain yang Anda tawarkan.

6. Menerbitkan eBook
Selain menulis buku fisik, menjual eBook secara online adalah metode yang sangat mudah diakses untuk mendapatkan penghasilan pasif. Konten buku Anda bisa bersifat informatif atau menghibur, dan bisa sesingkat serta sesederhana PDF 5 halaman.

Anda tidak perlu menjadi penulis profesional atau bahkan ahli dalam topik eBook Anda. Pastikan untuk menyediakan konten berkualitas tinggi dan dirancang dengan baik yang beresonansi dengan audiens Anda.

7. Sewa properti
Bisnis sewa properti masih populer hingga kini karena nilainya yang terus naik dari tahun ke tahun.

Bagi Anda yang memiliki properti seperti rumah, ruko, dan sebagainya, Anda bisa menyewakannya. Namun, pastikan Anda memasang harga yang wajar agar tidak mendapat kerugian yang fatal.

8. Rental kendaraan
Jika memiliki kendaran seperti mobil atau sepeda motor yang tidak terpakai, anda bisa menyewakan kendaraan Anda. Yang terpenting, Anda perlu berhati-hati dalam memilih penyewa dan tentukan kesepakatan antara Anda dan penyewa.

9. Berbisnis franchise
Membuka bisnis franchise atau waralaba bisa menjadi salah satu pilihan untuk menadapatkan passive income. Jenis franchise yang bisa Anda pilih juga bermacam-macam, mulai dari makanan, laundry, hingga cucian mobil.

10. Menjual stok foto
Saat ini, banyak sekali platform online yang menerima transaksi jual-beli foto-foto, baik yang diambil secara amatir maupun professional. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, Anda bisa memanfaatkan hasil jepretan Anda untuk dijual dan menghasilkan nilai fantastis.

Foto-foto yang sudah Anda unggah pada platform tersebut nantinya dapat dibeli oleh siapaun yang membutuhkan konten visual tersebut. Hal ini bisa menjadi passive income yang menguntungkan. 

Selamat mencoba! [F]




Jakarta, Bapak Kota Indonesia

Sebelumnya

2 Buku Puisi Wina Armada Sukardi Raih Anugerah MURI Kategori “Perintis Buku Puisi untuk Anak-Anak dan Buku Puisi Kebendaan”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon