Ilustrasi pemandangan indah saat matahari terbit. (Freepik/jplenio1)
Ilustrasi pemandangan indah saat matahari terbit. (Freepik/jplenio1)
KOMENTAR

SETIAP surah dalam Al-Qur’an sesungguhnya memiliki keutamaan, termasuk surah Al-Waqiah.

Satu hal yang harus mesti dipahami, keutamaan yang dimiliki Al-Waqiah tersirat dari makna dan pesan yang terkandung di dalamnya serta keimanan dan keikhlasan orang yang membacanya.

Karena itulah sangat penting bagi seorang muslim untuk membaca dan mengamalkan Surat Al-Waqiah dengan penuh keimanan, keyakinan, dan keikhlasan. Karena dengan begitulah dia baru akan mampu merasakan keutamaan surah tersebut yang membawa keberkahan dalam hidupnya.

Berikut ini keutamaan surah Al-Waqiah yang mempengaruhi kehidupan seorang muslim, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Mendatangkah barakah dan rezeki yang melimpah. Sejatinya, setiap muslim yang dekat dengan Al-Qur’an akan Allah berikan kemudahan dalam berbagai urusannya di dunia.
  2. Membuka pintu kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan membaca doa kebahagiaan dunia dan akhirat dalam surah Al-Waqiah, seorang muslim akan termotivasi untuk memperbaiki kehidupannya dan senantiasa bersyukur atas nikmat Allah.
  3. Membentengi diri dari kefakiran dan kesulitan. Seorang muslim yang dekat dengan Al-Qur’an akan terjaga imannya dan dampaknya akan membuatnya lebih terarah dalam hidup sehingga terjaga dari kekurangan dan kesulitan hidup.
  4. Membuka pintu taubat dan ampunan. Kandungan surah Al-Waqiah mengajak seorang muslim untuk bertaubat kepada Allah. Hal ini menjadi penyemangat untuk memperbaiki diri, menghindari dosa, dan meraih ampunan Allah Ta’ala.
  5. Menghadirkan ketenangan hati dan kedamaian jiwa. Ayat-ayat dalam surah Al-Waqiah akan membantu seorang muslim untuk merasakan kedamaian dan ketenangan hati. Sesungguhnya siapa yang bersahabat dengan Al-Qur’an maka redalah kecemasan dan rasa takutnya.

Jangan pernah menjauh dari ayat-ayat Allah agar kita dapat merasakan ketenteraman jiwa yang hakiki. Wallahu a’lam bishshawab.




Mengapa Belum Juga Berhaji?

Sebelumnya

Anggunnya Keberanian Seorang Asma binti Abu Bakar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur