Ilustrasi perempuan sedang berpikir keras/Unsplash
Ilustrasi perempuan sedang berpikir keras/Unsplash
KOMENTAR

DI tengah kesibukan dan tekanan hidup sehari-hari, menjaga kesehatan mental sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup anda secara keseluruhan. Salah satu cara yang efektif dalam mendukung kesehatan mental yaitu dengan praktik mindfulness.

Mindfulness adalah praktik memfokuskan perhatian pada situasi saat ini dengan cara yang tidak hakiki, melibatkan pengamatan pikiran, perasaan dan lingkungan sekitar tanpa memberikan penilaian.

Praktik ini juga membantu mengembangkan kemampuan untuk tetap sadar dan fokus sepenuhnya pada momen saat ini, daripada terjebak dalam pikiran tentang masa lalu atau kekhawatiran tentang masa depan.

Mindfulness memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun terutama untuk kesehatan mental. Dengan memperhatikan mindfulness, kita akan merasa lebih tenang dan belajar mencintai diri sendiri.

Adapun manfaat lain dari mindfulness dalam kehidupan untuk kesehatan mental sebagai berikut:

Mengurangi Stres

Membantu menurunkan tingkat stres dengan cara mengajarkan kamu untuk mengamati pikiran dan emosi tanpa reaksi berlebihan. Ketika kamu menerima sebagai adanya, hal ini dapat membantu mengurangi stres.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Melatih pikiran agar tetap fokus melalui praktik mindfulness dapat meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. Hal ini sangat membantu dalam menyelesaikan aktivitas-aktivitas harian dan meningkatkan produktivitas.

Menumbuhkan Kesehatan Emosional

Mindfulness membantu mengelola perasaan dengan lebih baik, pengendalian emosional mengacu pada kemampuan kamu untuk mengendalikan emosi sendiri yang berarti mampu untuk mengendalikan emosi tergantung dengan situasi dan kebutuhan ataupun dengan menerima emosi kamu bisa merespons situasi dengan lebih tenang.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Tidak hanya membantu meningkatkan fokus, mindfulness juga membantu meningkatkan kemampuan berpikir secara fleksibel. Adapun keterlibatan lain dari kognitif yang dapat membantu mindfulness adalah kemampuan untuk fokus jangka waktu tertentu, mampu untuk mengalihkan pikiran dan perhatian dari gangguan sekitar, dan kemampuan untuk menekan pikiran lain yang mengganggu fokus.

Menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari dengan cara seperti luang kan waktu beberapa menit untuk membuat kamu lebih tenang duduklah dengan nyaman, fokuskan perhatian pada pernafasan dan perhatian nafas yang masuk dan keluar agar lebih rileks. Ada pun dengan bersyukur juga termasuk salah satu cara untuk melakukan mindfulness.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health