Gaza sebelum serangan Israel 7 Oktober 2023/Wikipedia
Gaza sebelum serangan Israel 7 Oktober 2023/Wikipedia
KOMENTAR

MENTERI Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengapresiasi semakin meluasnya pengakuan terhadap Palestina sebagai sebuah negara.

“Meningkatnya jumlah negara yang mengakui Palestina, khususnya di Eropa, semakin mengisolasi Israel dan para pendukungnya,” demikian disampaikan Menlu Fidan dalam konferensi pers di Ankara, Kamis (23/5).

Ia juga menegaskan kembali urgensi pengakuan sah untuk Palestina sebagai negara dan menyerukan tindakan sesegera mungkin untuk menghentikan pembantaian warga Palestina oleh tentara Israel.

“Sudah waktunya komunitas internasional menghentikan sikap diam dan mengambil langkah-langkah untuk menghentikan genosida yang dilakukan rezim rasis sekaligus fundamentalis Israel, baik dalam diplomasi maupun implementasi keputusan yang diambil,” ujar Menlu Fidan.

Ia juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Venezuela Yvan Gil untuk bekerja sama menyerukan suara mereka untuk Gaza di dunia internasional. Keduanya telah sepakat mengakui negara Palestina dan melanjutkan upaya menghentikan pembantaian di Gaza.

Serupa dengan Turki, Venezuela juga dengan tegas mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan bebas. Menlu Gil menegaskan Palestina harus diakui sebagai negara otonom dan harus mendapat jaminan internasional untuk perdamaian dan keadilan di sana.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News