Anak harus punya jam tidur yang cukup/Freepik
Anak harus punya jam tidur yang cukup/Freepik
KOMENTAR

MENGAJAK anak untuk tidur sebelum pukul 9 malam memiliki beberapa alasan penting yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental mereka.

Berikut adalah beberapa alasan utamanya menurut para ahli kesehatan.

  • Pentingnya Kualitas Tidur: Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak. Tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan kesehatan mental dan fisik.
  • Pola Tidur yang Ideal: Setiap usia memiliki pola tidur yang ideal. Misalnya, anak usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 12 sampai 14 jam per hari, termasuk tidur siang, sedangkan anak usia 7-12 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10-11 jam per hari dengan jam tidur yang semakin malam, antara jam 9 -10 malam.
  • Pengaruh pada Tumbuh Kembang: Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak yang tidur dengan baik biasanya memiliki kemampuan belajar yang lebih baik, lebih banyak energi, dan kemampuan menangani stres yang lebih baik.
  • Pencegahan Gangguan Kesehatan: Tidur yang buruk atau tidak cukup dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk masalah dengan sistem saraf, kesehatan mental, dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, memastikan anak tidur sebelum jam 9 dapat membantu mencegah berbagai masalah .
  • Pengaturan Jam Tidur: mengatur jam tidur dan bangun yang teratur dapat membantu anak memiliki pola tidur yang sehat. Ini juga dapat membantu anak merasa lebih nyaman dan lebih siap untuk tidur, yang pada pasangannya dapat meningkatkan kualitas tidur mereka.

Dengan memahami pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas, orang tua dapat menerapkan berbagai tips untuk meningkatkan waktu tidur anak, seperti menghindari makan besar sebelum tidur, menjaga suhu ruangan yang nyaman, dan menghindari penggunaan barang elektronik sebelum tidur.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health