Ilustrasi Vitamin A/Net
Ilustrasi Vitamin A/Net
KOMENTAR

MASA balita merupakan masa krusial untuk pemenuhan gizi anak. Salah satu nutrisi yang mesti terpenuhi dengan baik adalah Vitamin A.

VITAMIN A sangat penting untuk balita karena membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti kebutaan malam dan infeksi saluran pernapasan yang berulang. Oleh karena itu, penting bagi balita untuk mendapatkan asupan yang cukup dari makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, bayam, ubi jalar, dan hati sapi.

Jika bunda memiliki kekhawatiran tentang asupan vitamin A si kecil, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk saran lebih lanjut.

Bagaimana cara memberikan Vitamin A untuk balita?

Memberikan vitamin A kepada balita dapat dilakukan melalui beberapa cara yang mudah dan aman. Berikut adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan.

  1. Makanan: Pastikan balita mendapatkan asupan makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, bayam, ubi jalar, mangga, dan produk susu. Anda dapat menciptakan hidangan yang menarik dan lezat untuk memastikan balita menyukai makanan tersebut.
  2. Suplemen: Jika dokter merekomendasikan pemberian suplemen vitamin A, pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang diberikan. Pilihlah suplemen yang sesuai dengan usia dan kebutuhan balita.
  3. Fortifikasi: Beberapa produk makanan khusus untuk balita telah difortifikasi dengan vitamin A. Pastikan untuk memilih produk yang mengandung nutrisi penting ini.
  4. Konsultasi dengan ahli gizi atau dokter: Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang asupan vitamin A balita, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter anak untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu balita.

Dengan memberikan asupan vitamin A yang cukup dan seimbang, bunda menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan optimal si buah hati.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health