post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MEMILIKI balita yang lahap makan menjadi idaman orangtua. Namun harus dipahami bahwa nafsu makan si kecil memang tidak bisa ditebak. Terkadang sangat lahap, namun di lain waktu bisa tidak berselera dengan melakukan aksi tutup mulut (ATM).

Kalau sudah begini, orangtua pasti akan cemas sebab asupan nutrisi dan gizi anak terganggu. Kemudian, pemberian vitamin penambah nafsu makan menjadi pilihan.

Pertanyaannya, perlukah anak diberikan Vitamin penambah nafsu makan? Apa ada cara lain untuk menambah nafsu makan anak selain memberikan vitamin?

Dokter spesialis anak, dr Vicka Farah Diba, Msc. SpA menjelaskan, pada dasarnya pemberian vitamin dan mineral harus disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Maksudnya, vitamin dan mineral hanya diberikan pada bayi dan anak yang kebutuhan mikronutriennya tidak terpenuhi daru asupan makanan sehari-hari.

Menurut pedoman yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemberian suplementasi vitamin dan mineral pada anak disesuaikan dengan prevelensi masalah kesehatan tersering pada suatu daerah dan disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing.

"Beberapa vitamin dan mineral (bukan multivitamin/mineral) memang penting dalam mewujudkan tumbuh kembang yang optimal. Tapi, ada berbagai hal yang menjadi pertimbangan dokter aebelum akhirnya memberikan suplementasi dan mineral pada bayi dan anak," papar dr Vicka kepada Farah.id.

Lengkapi Variasi Makanan

Profesor Emeritus dari Lembaga Sahabat Ilmu Kedokteran Australia menyarankan agar orangtua bersikap cerdas dan kritis terhadap iklan vitamin dan suplemen makanan untuk anak. Sebab, iklan-iklan tersebut sering menganjurkan konsumsi vitamin secara rutin sebagai gaya hidup sehat anak.

Anak yang sehat tidak perlu konsumsi suplemen. Kebutuhan multivitamin anak bisa diberikan lewat variasi makanan. Sesuaikan dengan kebutuhan, berat badan, dan usia anak saat memilih variasi makanan tersebut.

Jadi, tidak perlu memberikan suplemen vitamin dan mineral untuk anak. Orangtua cukup untuk berpikir cerdas dengan mengombinasikan atau memvariasikan makanan yang diberikan kepada anak.

Suplemen hanya diperlukan bagi anak dengan kondisi khusus. Konsultasikan dulu kepada ahli, seberapa perlu asupan suplemen untuk mengatasi nafsu makan anak.

 

Kiat Bertahan 14 Tahun ala Srie Firman: Temukanlah Sahabat untuk Berbagi Rasa dan Membantumu Berdiri Tegak

Sebelumnya

Tekankan SADARI dan SADANIS, Dr. dr. Diani Kartini, Sp.B(K)Onk: Jangan Takut, Kanker Payudara Bisa Sembuh!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health