Airin Rachmi Diany (kanan) bersama putrinya Ratu Ghefira usai mencoblos surat suara (14/2)/Instagram @airinrachmidiany
Airin Rachmi Diany (kanan) bersama putrinya Ratu Ghefira usai mencoblos surat suara (14/2)/Instagram @airinrachmidiany
KOMENTAR

NAMA Airin Rachmi Diany dari Partai Golkar memang bukan sosok baru dalam peta politik Tangerang, Banten.

Perempuan kelahiran 28 Agustus 1976 ini merupakan istri dari Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) yang merupakan adik kandung dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Sebelum terjun ke politik, Airin lebih dulu berprofesi sebagai notaris dan PPAT selama lebih dari 10 tahun. Dan tak banyak orang tahu bahwa Airin pernah mengikuti ajang Puteri Indonesia di tahun 1996.

Pernah menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan pada 2011 hingga 2021, karier politik Airin mau tak mau disangkutpautkan dengan ‘kultur politik’ keluarga sang suami.

Namun demikian, ia pernah menepis anggapan mendapat privilege untuk menang. Ia mengaku juga butuh perjuangan untuk merangkul orang-orang yang berseberangan pilihan politik dengannya dalam menjalankan roda pemerintahan Tangerang Selatan.

Di Pemilu Serentak 2024, Airin maju sebagai calon legislatif dari Daerah Pemilihan Banten III. Sebagai caleg sekaligus Ketua TKD Banten untuk paslon Prabowo-Gibran, Airin telah mengunjungi setiap pelosok Dapilnya (bahkan seluruh Banten) untuk berkampanye.

Hasilnya, ia pun sukses meraih 68.520 suara berdasarkan data penghitungan suara resmi KPU. Perolehan suara Airin berhasil mengalahkan Rano Karno dari PDIP dan Sufmi Dasco Ahmad yang merupakan Ketua Harian DPP Partai Gerindra.

Yang menarik, saat berkampanye di Serang, Banten pada penghujung Januari lalu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan “Airin insya Allah jadi Gubernur Banten sebentar lagi”.

Perkataan Prabowo itu mengacu pada nama Airin Rachmi Diany yang memang diusung Partai Golkar untuk maju dalam Pilgub Banten 2024.

Jadi, jabatan apa yang bakal dipegang Airin nanti? Mari kita tunggu.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News