Ilustrasi aplikasi Warga Jaga Suara/TangkapanLayar
Ilustrasi aplikasi Warga Jaga Suara/TangkapanLayar
KOMENTAR

PROSES penghitungan suara masih dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penghitungan cepat (quick count) juga masih berjalan, karena beberapa daerah baru akan memulai pencoblosan lantaran beberapa hal, salah satunya dilanda banjir.

Beberapa pengamat politik menilai, Pemilu 2024 rawan kecurangan, bahkan potensi tersebut lebih besar dibandingkan lima tahun lalu. Tidak hanya dilakukan oleh salah satu pasangan calon (paslon), tetapi semua pasangan diduga melakukan hal serupa.

Karena itu, masyarakat diminta untuk ikut serta melaporkan segala kecurangan demi demokrasi yang sebenar-benarnya. Dan, seperti ini cara mengawal pemilu yang bisa Sahabat Farah lakukan:

Lewat Platform KawalPemilu

KawalPemilu menyediakan platform yang bisa digunakan masyarakat untuk mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil pemilu di setiap TPS se-Indonesia. KawalPemilu menjadi tempat untuk mencocokkan data dari TPS sampai tabulasi tingkat nasional. Semakin banyak yang mengunggah foto dari TPS tersebut, semakin besar transparansinya.

Sahabat Farah bisa berpartisipasi dengan cara:

  • Foto hasil pilpres dari TPS atau form C-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon.
  • Lakukan login terlebih dulu.
  • Unggah foto tersebut di situs kawalpemilu.org
  • Lampirkan angka hasil pemungutan suara.
  • Pihak KawalPemilu nantinya akan me-review foto, hasil suara, serto lokasi TPS yang diunggah.

Gunakan Situs Jaga Pemilu

Cara lainnya adalah menggunakan situs Jaga Pemilu. Di situs ini, setiap orang bisa mengunggah form C hasil penghitungan suara setelah sebelumnya mendaftar untuk menjadi relawan di situs Jaga Pemilu. Selanjutnya, data relawan yang telah terverifikasi akan diakumulasikan dan ditampilkan untuk publik.

Platform ini juga menyediakan kanal laporan untuk dugaan pelanggaran pemilu. Siapapun bisa melaporkan pelanggaran konten kampanye, cara kampanye, hingga dugaan provokasi dan serangan fajar.

Aplikasi Warga Jaga Suara

Dan, Sahabat Farah juga bisa ikut mengawal jalannya Pesta Demokrasi ini lewat platform Warga Jaga Suara. Aplikasi ini bisa didownload dari ponsel Android, di mana masyarakat dapat melaporkan hasil suara di TPS dan melaporkan pelanggaran pemilu. Fiturnya sangat beragam, mulai dari laporan suara, laporan pelanggaran, hingga kanal Saya Bersuara dan upload foto C1 Plano PPWP.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News