Ilustrasi detoks digital/Lifestyle
Ilustrasi detoks digital/Lifestyle
KOMENTAR

ZAMAN kian canggih, teknologi sudah menjadi kebutuhan primer. Salah satu teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari adalah ponsel. Ke mana dan di manapun, telepon selular tidak bisa lepas dari genggaman.

Memang banyak sisi positif dari kemajuan teknologi, terutama handphone. Dengan Hp, dunia sudah berada di genggaman. Namun dampak negatifnya tidak sedikit. Yang paling terasa adalah masyarakat kian anti sosial, tidak peduli terhadap sesama maupun lingkungan. Bahaya kesehatan ikut mengintai.

Para ahli bukan tidak pernah memberikan saran. Salah satunya adalah screen time atau pembatasan menatap layar. Tapi tetap saja, itu sulit dilakukan terutama oleh anak-anak.

Dari alasan itu, sebuah Perusahaan yogurt asal Islandia yang diproduksi di Amerika Serikat, Siggi’s Dairy, mengadakan program “Detoks Digital” yang mengajak orang untuk tidak menggunakan ponsel selama 30 hari.

Bahkan, Perusahaan itu menawarkan hadian sebesar 10.000 dollar AS (sekitar Rp158 juta) untuk siapa saja yang berhasil menyelesaikan program tersebut. Sebenarnya, Siggi’s pernah mengeluarkan konsep yang sama, yaitu Dry Januari, namun dalam pembatasan minuman beralkohol.

“Detoks digital bertujuan mengurangi gangguan digital, sehingga orang dapat lebih fokus dan menghargai kehidupan sehari-hari di sekitar mereka,” begitu bunyi pernyataan Siggi’s, seperti mengutip dari Lad Bible, Selasa (30/1/2024).

“Orang-orang biasanya menghabiskan 5,4 jam per hari untuk memainkan ponsel. Dan program detoks dari Siggi’s ini diharapkan dapat membimbing orang-orang kea rah yang lebih positif,” lanjut pernyataan itu.

Ada beberapa syarat untuk mengikuti Detoks Digital ini, yaitu:

  1. Peserta wajib menyerahkan ponsel selama periode detoks berlangsung.
  2. Mendaftar lewat situs web Siggi’s sebelum 31 Januari 2024.
  3. Kirimkan esai yang menarik, menceritakan bagaimana hidup tanpa ponsel membawa manfaat.

Pemenang akan diumumkan pada minggu pertama Februari. Mereka akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp158 juta, kotak kunci untuk membuka ponsel, Hp lipat baru, dan kartu SIM prabayar untuk satu bulan.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News