Warga Sumenep dan pasir untuk tidur/Merdeka
Warga Sumenep dan pasir untuk tidur/Merdeka
KOMENTAR

WARGA Kabupaten Sumenep, Madura tepatnya di Desa Legung Timur mempunyai kebiasaan unik yaitu tidur dengan beralaskan pasir.

Tradisi ini telah diwarisi secara turun-temurun dari generasi ke generasi selama ratusan tahun lamanya.

Hampir di setiap bagian depan rumah warga yang dipenuhi oleh hamparan pasir. Warga setempat juga biasa untuk bersantai, beraktivitas, dan juga tidur dibatas pasir.

Dilansir dari akun TikTok @jadimaukemana, ara warga terlihat nyaman tidur siang di hamparan pasir. Masyarakat di sana percaya dengan tidur di atas pasir dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dari penelusuran Farah.id, diketahui bahwa warga pada umumnya mendapatkan pasir dari pantai Lombang. Dan sebelum dibawa ke rumah, pasir tersebut diayak terlebih dahulu agar tidak ada kotoran dan material lain yang ikut terbawa. Dengan demikian, pasir yang mereka miliki di rumah sudah halus dan sangat lembut untuk ditiduri.

Warga setempat merasa tidur di atas pasir lebih sejuk dibandingkan tidur di atas kasur, terlebih ketika memasuki musim kemarau.

Dikutip dari klikdokter.com manfaat untuk kesehatan dari tidur di atas pasir biasanya berhubungan dengan otot, tulang, dan sendi, meskipun belum diketahui secara pasti.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, pasir diklaim sebagai eksfoliator alami, sehingga dapat membantu pengelupasan kulit secara alami dan juga membuat tubuh lebih relaks.




Lucunya Pokemon Berbaju Batik

Sebelumnya

Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon