Beragam manfaat mandi air dingin dan air panas/Freepik
Beragam manfaat mandi air dingin dan air panas/Freepik
KOMENTAR

MANDI telah menjadi salah satu rutinitas harian yang wajib dilakukan untuk memjaga kebersihan tubuh. Selain untuk menjaga kebersihan, mandi juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Di malam hari atau saat cuaca sedang dingin, pastinya banyak orang yang memilih mandi dengan air panas. Sedangkan pada siang atau sore hari setelah beraktivitas seharian, mandi dengan air dingin menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan sekaligus menyegarkan badan.

Suhu air dingin yang ideal untuk mandi adalah berkisar pada 21 derajat Celcius. Namun, disarankan untuk tidak mandi dengan air es atau air yang suhunya lebih rendah dari 21 derajat Celcius.

Sementara itu, suhu air panas yang digunakan untuk mandi sebaiknya tidak lebih tinggi dari 44 derajat Celcius. Mandi dengan air panas juga tidak boleh terlalu lama, hanya sekitar 5-10 menit saja.

Sebenarnya, baik mandi dengan air dingin maupun air panas sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan. Hanya saja mandi dengan suhu air yang berbeda akan memberikan manfaat yang berbeda juga bagi tubuh.

Berikut ini perbedaan manfaat dari mandi dengan air dingin dan air panas :

Manfaat Mandi Air Dingin

1. Menyegarkan Pikiran

Mandi air dingin di pagi hari dapat menyegarkan pikiran. Suhu air yang dingin dapat memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, yakni sejenis adrenalin yang akan membantu pikiran tetap waspada secara alami.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi air dingin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu disebabkan karena saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang diperlukan oleh sistem imun untuk melawan berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit

3. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Mandi air dingin dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau alami. Selain itu, dapat membuat kulit lebih kenyal dan lembap.

4. Meredakan Depresi

Mandi air dingin juga dapat meredakan gejalan depresi. Ujung saraf di permukaan kulit yang terkena air dingin akan mengirimkan sinyal elektrik pada otak sehingga membuat otak tetap aktif dan segar. Selain itu, otak juga akan memproduksi hormon beta-endorfin yang membuat tubuh terasa lebih baik.

Manfaat Mandi Air Panas

1. Melancarkan Peredaran Darah

Mandi dengan air panas dapat melancarkan peredarah darah, apalagi bila dilakukan di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil.

2. Mencegah Insomnia dan Gangguan Tidur

Mandi air panas dapat membuat perasaan terasa lebih tenang dan tidur lebih berkualitas. Maka dari itu, mandi air panas disarankan bagi penderita insomnia atau memiliki gangguan tidur

3. Mengurangi Stres dan Cemas

Mandi air panas dapat membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin yang bertugas membuat perasaan menjadi lebih senang dan positif.

4. Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri.

Saat mandi dengan air panas, kamu bisa menggerak-gerakkan atau memijat anggota tubuh seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang sedang terasa kaku. Hal tersebut dapat membantu meredakan otot yang nyeri dan kaku.




Puasa Tetap Aman Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Sebelumnya

Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health