Peresmian program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia)/Dok. Telkom
Peresmian program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia)/Dok. Telkom
KOMENTAR

DALAM era yang semakin menuntut kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, PT. Telkom Indonesia Tbk (Telkom) sebagai perusahaan milik negara sekaligus perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia mengambil langkah nyata untuk mendukung komitmennya dalam membangun masa depan yang berkelanjutan.

Telkom Indonesia secara resmi meluncurkan Program ESG (Environmental, Social, Governance) 2024 yang merupakan sebuah inisiatif strategis yang akan menjadi pedoman bagi Telkom dalam menjalankan bisnisnya secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dalam mewujudkan masa depan berbasis ESG, Telkom Indonesia meresmikan program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Telkom ESG Day yang telah diselenggarakan di Yogyakarta pada 16 November 2023.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur D.I. Yogyakarta KGPAA Paku Alam X dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah yang didampingin Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, serta Direktur Group Business Development Telkom Honesty Basyir, dan para direksi anak perusahaan Telkom.

EXIST menjadi semangat baru bagi Telkom untuk merealisasikan masa depan berbasis ESG yang bertujuan untuk menciptakan dampak yang positif bagi lingkungan dan masyarakat, serta mewujudkan bisnis berkelanjutan. ESG Telkom melalui EXIST memiliki 3 pilar utama yaitu Environmental, Social, dan Governance.

Pada pilar Environmental, Telkom bersama semua anak perusahan dan afiliasinya berkomitmen untuk mendukung program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission 2060. Dalam hal ini Telkom akan menerapkan waste management, penggunaan solar panel, penggunaan lithium battery untuk tower Mitratel, dan pembangunan green data center oleh NeutraDC.

Sedangkan untuk pilar Social, Telkom akan mendukung keberagaman talenta melalui program rekrutmen untuk karyawan disabilitas, pengembangan talenta digital, pelatihan kewirausahaan dan pembinaan digital bagi mitra binaan, bantuan konektivitas untuk daerah 3T, serta memberikan bantuan sarana air bersih dan sanitasi di desa pedalaman.

Sementara itu, pada pilar Governance, Telkom akan menerapkan keamanan dan perlindungan data pribadi pelanggan, mengimplementasikan etika bisnis, dan memberikan transparansi informasi perfoma perusahaan kepada publik.

Selain melakukan peresmian EXIST, Telkom ESG Day juga menghadirkan serangkaian acara lainnya yaitu kegiatan sharring session bersama para expert internal maupun eksternal, serta penanaman 1.000 bibit pohon di Desa Girikerto.




Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi Raih Indonesia 10 Top Banker Awards 2024

Sebelumnya

Lembaga Lingkungan Hidup Gugah Kepedulian Lingkungan dan Kesiagaan Bencana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E