Siap belanja kembali di TikTok Shop?/Freepik
Siap belanja kembali di TikTok Shop?/Freepik
KOMENTAR

PLATFORM TikTok Shop dikabarkan akan kembali dibuka di Indonesia.

Asisten Pembiayaan dan Investasi UKM Kementerian Koperasi dan UKM Temmy Satya Permana mengungkapkan bahwa TikTok Shop akan kembali dibuka dengan bergabung ke e-commerce di Indonesia.

“Akan buka, informasi yang saya dapat dari TikTok mereka akan buka dan akan combine,” kata Temmy di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta pada Jumat (17/11).

Temmy menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa opsi penggabungan karena tidak memungkinkan untuk membuat perusahaan sendiri dalam waktu dekat.

Berdasarkan hasil penelusuran Farah.id, belum dapat dipastikan e-commerce apa yang akan dipilih oleh TikTok Shop.

“Selama itu B2B (business to business) tidak masalah, selama semuanya mengikuti aturan tidak ada masalah. Tinggal bagaimana masyarakat menilainya,” ujar Temmy.

Temmy menilai, dengan dihadirkannya kembali TikTok Shop meski gabung dengan e-commerce lain, itu akan meningkatkan persaingan antar pelaku e-commerce guna meningkatkan kualiatas layanan.

Sebelumnya, TikTok Shop resmi tidak beroperasi sejak Rabu, 4 Oktober 2023.

Sebagai informasi, Kementerian Perdagangan menerbitkan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 pada 27 September 2023 yang menjelaskan mengenai larangan platform media sosial untuk melayani transaksi jual beli selayaknya di platform e-commerce marketplace.

TikTok Shop diperbolehkan untuk kembali dibuka namun harus sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah.




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News