Farah, Mega, dan Dany bersama koleksi yang akan ditampilkan di JFW 2024 di PIM 3, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10)/Farah
Farah, Mega, dan Dany bersama koleksi yang akan ditampilkan di JFW 2024 di PIM 3, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10)/Farah
KOMENTAR

SETIAP perempuan itu cantik dan mereka berhak untuk menonjolkan kecantikannya dalam berbagai cara. Cantik tidak hanya disematkan pada perempuan yang memiliki kulit putih dan bentuk tubuh ideal. Cantik adalah ketika sosok perempuan mampu memantaskan dirinya lewat pakaian yang dikenakan.

Itulah kiranya yang ingin disampaikan oleh jenama fesyen Brigissimo. Sebuah jenama lokal yang berasal dari kota kecil di Jawa Tengah, Salatiga. Brigissimo membantu meningkatkan kepercayaan diri perempuan plus size lewat ragam pakaian yang dibuatnya.

“Di saat pakaian plus size terbatas dan perempuan-perempuan plus ini hanya dikategorikan sebagai mahluk kelas dua di bidang fesyen, bukan menjadi tokoh utamanya, kita berusaha untuk mengubah sudut pandang bahwa jika cutting sebuah pakaian pas di badan, maka akan terlihat bagus dan nyaman dikenakan,” kata Dany Aprilla, owner Brigissimo, ditemui di Kroma Café Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (27/10).

Sesi konferensi pers Brigissimo jelang JFW 2024, Kroma Cafe Dharmawangsa, Jumat (27/10)/Farah

Brigissimo lahir pada 2016 dan mencoba untuk mempercantik perempuan plus size lewat koleksi-koleksi yang menonjolkan kain katun dan shiffon, yang dipadukan dengan bludru maupun wool. Brigissimo mengubah cara pandang perempuan plus size yang selama ini tidak punya banyak pilihan style yang menarik. Brigissimo ingin membuktikan bahwa plus size bisa tampil beda.

Keyakinan inilah yang kemudian memberikan semangat Brigissimo untuk membawa koleksinya ke panggung bergengsi Jakarta Fashion Week (JFW) yang tahun ini digelar di Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta.

“Untuk tampil di JFW ini merupakan sebuah effort yang luar biasa. Kita sadar, kita lahir di sebuah kota kecil dan harus menyesuaikan serta memantaskan diri saat berada di panggung sebesar JFW,” ujar Dany.

Membawa koleksi plus size, Brigissimo asal Salatiga, Jawa Tengah akan tampil di JFW 2024/Farah

Namun keterbatasan itu berusaha untuk diatasinya dengan menghadirkan Farah Baharessa, seorang fashion designer dari Jakarta.

“Sebuah tantangan tersendiri saat membuat koleksi-koleksi ini (plus size). Kalau biasanya kita sudah punya desain baru mencari model, di Brigissimo justru kita cari dulu modelnya baru membuat desainnya,” ucap Farah, di lokasi yang sama.

Untuk membuat koleksi, Farah mencoba untuk meng-compare dengan produk-produk luar negeri. Hasilnya, ternyata untuk perempuan luar negeri memiliki ukuran besar di bagian lengan serta tangan yang panjang. Sementara perempuan Indonesia sisi plus nya ada di bagian pinggul ke bawah.

Nilai plus lainnya ada pada ukuran lebar dada (LD). Seluruh koleksi Brigissimo memiliki ukuran dada antara 115 cm hingga 145 cm.

Dan untuk di JFW 2024, Brigissimo menghadirkan 16 looks personalize yang akan dibawahkan oleh 11 influencer dan lima model yang memiliki keunikan masing-masing di ukuran badannya.

“Semua koleksi yang ditampilkan, disesuaikan dengan karakter masing-masing model. Kita ingin mewujudkan mimpi perempuan plus size untuk bisa berjalan di catwalk. Kita juga ingin mendobrak pakem bahwa perempuan plus size bisa memakai warna-warna terang seperti putih, merah, krem, maupun maroon,” demikian Dany.




L Daily by Lesti Kejora, Hadirkan Outfit Simpel dan Feminin untuk Para Hijaber

Sebelumnya

Inovasi AI & AR Perfect Corp Tingkatkan Interaksi Konsumen dengan Beauty Brand

Berikutnya

KOMENTAR ANDA