Ibu Wury Ma'ruf Amin dan Menteri Nadiem Makarim mencanting di acara pembukaan puncak perayaan Hari Batik Nasional di Museum Batik Indonesia, TMII (2/10)/Dok. YBI
Ibu Wury Ma'ruf Amin dan Menteri Nadiem Makarim mencanting di acara pembukaan puncak perayaan Hari Batik Nasional di Museum Batik Indonesia, TMII (2/10)/Dok. YBI
KOMENTAR

YAYASAN Batik Indonesia (YBI) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar acara Pembukaan Puncak Perayaan Hari Batik Nasional (HBN) bertempat di Museum Batik Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah pada Senin, 2 Oktober 2023.

Gelaran Hari Batik Nasional 2023 ini dihadiri Istri Wakil Presiden Indonesia Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim beserta jajarannya, Shanty Leksono selaku Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2023, Diana Sentosa selaku Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia, sejumlah istri menteri Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam OASE KIM, jajaran Dekranasda, serta para pegiat batik yang datang dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ibu Wury Ma’ruf Amin yang juga Ketua Umum Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional mengingatkan bahwa batik telah melalui sejarah panjang, yang awalnya hanya dibuat untuk pakaian keluarga Kerajaan hingga kini bisa dikenakan segenap rakyat Indonesia.

“Hadirnya Hari Batik Nasional dengan tema 'Batik Bangkit' merupakan momen penting bagi industri batik agar dapat tumbuh dan maju setelah sempat terhambat akibat pandemi COVID-19, selain itu peringatan Hari Batik Nasional juga menandai kiprah batik sebagai warisan budaya nasional yang mendunia lewat pameran, pagelaran dan peragaan busana internasional, batik boleh mendunia tapi tetap milik Indonesia!” tegas Ibu Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannya dalam Pembukaan Puncak Perayaan HBN di Museum Batik (2/10).

Pada tahun ini, Yayasan Batik indonesia selain berkomitmen untuk kembali membangkiktakn geliat industri batik nasional hari ini, YBI juga memiliki misi dan agenda untuk melakukan regenerasi batik melalui edukasi tentang batik kepada generasi muda khususnya Gen Z agar kebudayaan batik dapat terus terjaga dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Tema “Batik Bangkit” juga memunculkan harapan tentang munculnya para pembatik muda yang inovatif yang disuarakan Mendikbudristek Nadiem Makarim.

“Satu hal penting dari perayaan Hari Batik Nasional ini adalah adanya transfer ilmu yang dilakukan oleh para maestro perajin baik kepada generasi muda dengan tujuan agar budaya batik dapat terus dilestarikan dari generasi ke generasi dan hadirnya 125 pembatik untuk bersama-sama membatik ini merupakan langkah yang sangat penting untuk terwujudnya pewarisan tersebut melalui momen Hari Batik Nasional tahun ini,” ujar Menteri Nadiem dalam sambutannya.

Pembukaan puncak perayaan Hari Batik Nasional 2023 ditandai dengan Ibu Wury Ma’ruf Amin yang membatik dengan teknik mencanting kain batik motif IKN, didampingi Menteri Nadiem Makarim, dan Ketua Pelaksana HBN Shanty Laksono.

Ibu Wury Ma’ruf Amin juga meninjau Museum Batik Indonesia yang memamerkan beragam kain batik Nusantara serta sejarah-sejarah batik yang berkembang di seluruh wilayah Indonesia.

Merangkul perajin batik untuk mendukung pelestarian batik

Demi memuluskan agenda membangkitkan industri batik, Yayasan Batik Indonesia merangkul perajin batik dari seluruh daerah di Indonesia untuk terlibat langsung menjadi bagian dari kegiatan perayaan Hari Batik Nasional 2023.

“Pada perayaan Hari Batik Nasional 2023 ini, tema kita yaitu Batik Bangkit. Bisa bangkit popularitasnya, industrinya, juga para perajinnya. Acara ini tidak akan terwujud jika tidak ada dukungan dari para perajin batik di seluruh Indonesia,” ungkap Ibu Diana Sentosa Selaku Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia.

Ragam kegiatan di puncak perayaan HBN 2023

Hari Batik Indonesia 2023 dimeriahkan beragam kegiatan menarik yang selaras dengan tema “Batik Bangkit” berikut ini.

1# Pemecahan Rekor MURI Membatik

Turut hadir 125 pengrajin batik dari seluruh Indonesia yang telah terkurasi dan memiliki keahlian tinggi yang telah berhasil memecahkan rekor MURI “Membatik Secara Serentak dengan Motif Terbanyak” yang acaranya sudah digelar pada 01 Oktober 2023 yang langsung dihadiri oleh pihak MURI. 

2# Pengumuman Lomba Karya Tulis Batik

Dengan misi edukasi, perayaan Hari Batik Nasional 2023 juga menghadirkan kompetisi karya tulis ilmiah tentang batik yang dibagi menjadi beberapa kategori untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

3# Edukasi Batik untuk Pelajar

Mendapat dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, perayaan Hari Batik Nasional menjadi momentum bagi para pelajar untuk mengeksplorasi Museum Batik Indonesia dan membatik bersama para pembatik dari seluruh Indonesia.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News