Membaca buku bisa mengubah hidupmu/Net
Membaca buku bisa mengubah hidupmu/Net
KOMENTAR

MEMILIKI hobi membaca buku adalah hal yang sangat baik. Dengan buku, jendela dunia akan terbuka. Gemar membaca buku akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Tapi, seseorang yang hobi membaca buku sesekali pernah merasakan apa yang disebut reading slump. Yaitu, sudatu fase ketika si kutu buku kehilangan minat dan tidak merasa tertarik dengan buku. Kondisi ini sebarnya sangat umum dirasakan oleh para pembaca. Tapi jika tidak segera diatasi, maka kamu akan ‘kehilangan’ buku itu.

Reading slump ini bisa terjadi karena merasa stres, kelelahan, atau teralihkan dengan teknologi. Agar tak sampai ‘beralih’ hobi, baiknya lakukan hal ini untuk mengembalikan semangat membaca.

1. Pilih buku yang tipis

Saat bosan melanda, jangan sesekali menghantam diri dengan membaca buku yang tebal. Justru, pilihlah buku-buku simpel yang bisa memacu kembali semangat membaca. Biasanya, jika kamu bisa menyelesaikan dalam waktu singkat, akan muncul rasa puas karena telah berasil melawan fase reading slump ini. Bacaan yang bisa direkomendasikan adalah cerita pendek, kumpulan puisi, atau majalah Farah.

2. Baca buku yang disuka

Jangan membuka buku yang bisa membuat kamu tidak tertarik. Coba baca buku yang bisa memunculkan perasaan penasaran, sehingga memancing kamu untuk terus membuka halaman selanjutnya hingga selesai.

3. Book time

Berikan waktu untuk membaca buku agar lebih fokus. Pelan-pelan saja, tetapi terus perbanyak halaman yang dibaca per harinya. Jangan terburu-buru memahami ceritanya. Beri waktu untuk dirimu sendiri.

4. Cari suasana baru

Pilih tempat yang membuat kamu tidak merasa bosan, misalnya kafe atau tempat-tempat menarik lainnya. Saat berada di luar ruangan, akan terasa lebih segar dan tubuh merasa rileks sejenak, sehingga aktivitas membaca menjadi lebih menyenangkan.

5. Bergabung dengan komunitas

Jika bosan membaca, coba dengarkan review dari para booktuber mengenai buku yang sudah mereka baca atau rekomendasi buku dari mereka. Bila perlu, dengarkan podcast tentang buku.

6. Coba audio book

Sudah banyak aplikasi e-book yang dapat diakses secara gratis. Cara ini bisa menjadi alternatif ketika kamu tidak bisa fokus membaca halaman di buku.




Bikin Suasana Tidak Nyaman, Ini 3 Ciri ‘Agak Laen’ Orang yang Overconfident

Sebelumnya

Permasalahan Hidup Makin Kompleks, Saatnya Membangun Inner Calm untuk Menyikapinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family