Ayah mendampingi anak berkreativitas/Irish Time
Ayah mendampingi anak berkreativitas/Irish Time
KOMENTAR

DIDAULAT jadi negara paling bahagia di dunia dan dikenal mempunyai sistem pendidikan yang bagus, orangtua di Finlandia memiliki pola parenting yang bisa diteladani para orangtua di berbagai belahan dunia.

Berikut ini 3 trik parenting yang dipraktikkan para orangtua di Finlandia berdasarkan penelusuran Farah.id dari berbagai sumber.

Menerapkan organic parenting

Secara sederhana, organic parenting menurut Atlantis Press diartikan sebagai segala kegiatan dan interaksi antara orangtua dan anak yang dekat dengan alam, ramah lingkungan, dan memanfaatkan segala sesuatu yang alami.

Inilah cara orangtua Finlandia melarang penggunaan gawai dan sebaliknya, mengajarkan anak kehidupan yang ramah lingkungan. Orangtua memilih melakukan kegiatan hiking atau camping yang dekat dengan alam, agar anak tidak bergantung berlebihan pada teknologi modern, terutama gawai.

Ayah terlibat aktif dalam pengasuhan anak

Lupakan fatherless country! Finlandia adalah sebuah negara yang meyakini peran penting seorang ayah dalam tumbuh kembang anaknya. Finlandia adalah satu-satunya negara di dunia di mana ayah menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak dibandingkan ibu.

Finlandia adalah salah satu negara di dunia yang memberikan cuti melahirkan untuk ibu dan ayah. Dilansir The Guardian, Cuti yang didapat ayah relatif panjang yaitu sembilan minggu. Dan ayah tetap mendapat gaji seperti biasa. Peraturan itu dibuat untuk membuat ayah terlibat dalam pengasuhan anak sejak anak dilahirkan. Seterusnya, diharapkan ayah mampu meluangkan waktu untuk bermain bersama anak.

Tidak memberikan hukuman fisik kepada anak

Finlandia adalah negara yang melarang orangtua menghukum anak dengan hukuman fisik. Hal itu dianggap sebagai perbuatan melanggar hukum.

Melansir Infofinland.fi, larangan hukuman fisik tersebut tertulis dalam Undang Undang. Alasannya, negara menetapkan orangtua bertanggung jawab terhadap kesejahteraan dan tumbuh kembang anak. Dan hukuman fisik dianggap bukan cara bijak untuk pengasuhan yang baik.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting