Tampil cantik, bersih, dan rapi adalah tanda bersyukur atas anugerah Allah/Freepik
Tampil cantik, bersih, dan rapi adalah tanda bersyukur atas anugerah Allah/Freepik
KOMENTAR

WAHAI muslimah, jangan pernah ragu untuk tampil cantik. Karena bagi siapa pun perempuan yang menaati ketentuan Islam, maka akan dengan sendirinya menjadi cemerlang kecantikannya.

Kecantikan adalah suatu kebenaran anugerah Allah Swt. Tuhan menciptakan makhluk cantik bukanlah suatu kesia-siaan, melainkan upaya memperindah kehidupan di dunia. Bahkan kesempurnaan surga juga disertai dengan para muslimah cantik yang menjadi penghuni abadinya.

Oleh karena cantik merupakan anugerah, maka sebagai wujud syukur nikmat, maka wajiblah bagi setiap muslimah untuk mempercantik penampilan. Berikut ini tiga alasannya:

Pertama, mensyukuri keindahan anugerah Ilahi

Syaikh Abdullah al-Qasimi dalam bukunya Bersama Bidadari Surga dan Kenikmatan Abadi Para Penghuninya (2022: 29-30) mengungkapkan:

Kecantikan dan keindahan adalah sesuatu yang disukai Allah. Maksud dan tujuan dari konteks ini, selain untuk mengarahkan pandangan pada fakta bahwa kecantikan meliputi kecantikan lahir dan batin, kecantikan tubuh dan perilaku, kecantikan fisik dan jiwa, kecantikan materiil dan moril, juga mengarahkannya pada fakta bahwa kecantikan, keindahan, keelokan dan term-term lain yang digunakan untuk mengungkapkan makna keindahan manusia dan alam, dari sudut pandang syariah merupakan sifat-sifat kesempurnaan, terpuji, disukai, didorong untuk dicari dan diperoleh, baik secara syara' maupun watak, baik secara agama maupun fitrah dan bahwa alasan kenapa keindahan diciptakan, digunakan untuk menghiasi alam semesta ini, dan kemudian dorongan untuk memperolehnya dan menikmatinya adalah karena sesungguhnya, “Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan.” (HR. Muslim)

Kecantikan perempuan merupakan bagian dari keindahan yang disukai Tuhan. Dalam rangka mensyukurinya, maka wajiblah bagi muslimah merawat kecantikan itu dengan sebaik mungkin. Sehingga mencapai cantik lahir maupun batin yang optimal.

Rasulullah menegaskan bahwa Allah itu Mahaindah dan mencintai keindahan. Demi mendapatkan cinta Ilahi, maka patutlah muslimah memelihara dan merawat kecantikannya supaya senantiasa memancarkan keindahan anugerah Tuhan.

Ingat, tidak ada maksud kesombongan, sebab misi utama dari menjaga tampilan cantik semata-mata berlandaskan niat bersyukur atas anugerah Ilahi.

Kedua, kepatuhan terhadap ketentuan aurat

Betapa spektakulernya tuntunan Islam tentang menutup aurat, sudahlah dapat pahala, terlindungi pula dari keburukan, dan yang tak kalah menakjubkan muslimah menjadi tampil makin cantik.

Inilah rahasia menutup aurat yang jarang sekali disingkap, bahwasanya siapa pun yang menutup aurat sesuai syariat maka kecantikannya akan dibuat makin mempesona.

Cantik tidak hanya terlihat dari penampilan fisik semata, tetapi juga dari nilai-nilai, keyakinan, dan sikap positif yang dianut oleh seseorang.

Salah satu pandangan yang dianut oleh banyak orang adalah konsep cantik itu berkah dari menutup aurat. Pandangan ini menghubungkan kecantikan dengan penghormatan terhadap norma-norma agama dan kepercayaan diri yang muncul dari dalam.

Pada akhirnya, cantik berkah dari menutup aurat mencerminkan keseimbangan antara penghormatan terhadap norma-norma agama serta pengembangan diri yang kuat dari dalam. Ini adalah cara muslimah untuk memaknai dan merayakan kecantikan yang tidak hanya terbatas pada tampilan fisik, melainkan juga mencakup nilai-nilai yang lebih mendalam.

Ketiga, mengutamakan kebersihan dan perawatan diri

Islam adalah agama yang sangat perhatian daam perkara kebersihan dan perawatan diri. Sederhananya, hal ini dapat kita lihat dalam perintah berwudu setiap menjelang salat. Jelas sekali ini bertujuan membersihkan diri. Dan ujung-ujungnya setiap upaya pembersihan dan perawatan diri akan berdampak positif terhadap kecantikan. Karena mustahil perempuan yang jorok terlihat cantik.

Kebersihan adalah langkah pertama yang esensial dalam perjalanan menuju kecantikan. Membersihkan tubuh dengan benar, termasuk kulit, rambut, dan bagian tubuh lainnya, adalah langkah krusial dalam menjaga kesehatan dan penampilan yang baik.

Penting untuk menciptakan rutinitas kebersihan yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan pribadi. Ini mungkin meliputi mencuci wajah secara teratur, mandi, membersihkan rambut, dan menjaga kebersihan gigi.

Dengan menjaga tubuh tetap bersih, seorang perempuan dapat menghindari masalah kesehatan yang tidak diinginkan dan menciptakan dasar yang baik untuk perawatan tubuh.

Cantik dengan mengutamakan kebersihan dan perawatan diri adalah pendekatan berkelanjutan. Ini bukan hanya tentang menciptakan penampilan yang indah untuk saat ini, tetapi juga tentang merawat diri dengan baik untuk jangka panjang.

Semua itu bukan saja bagian dari upaya kebersihan diri belaka, tetapi juga memperoleh kecantikan nan cemerlang sekaligus amalan yang berlimpah pahala.

Allah Mahaindah yang tidak ada satu pun yang mampu menandingi keindahan-Nya. Di antara kebesaran Allah itu menciptakan keindahan yang menjelma pada makhluk-makhluk-Nya yang cantik. Karunia Allah yang kecil saja wajib kita syukuri, apalagi kalau nikmat itu teramat besar seperti anugerah kecantikan.

Betapa kuatnya pondasi bagi muslimah untuk bersemangat tampil cantik, sehingga tak ada alasan untuk tidak maksimal dalam merawat anugerah Ilahi ini.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur