ilustrasi pekerja di Jepang/net
ilustrasi pekerja di Jepang/net
KOMENTAR

BAGI calon pekerja atau pelajar yang ingin menetap dan mencari mata pencaharian di Jepang tentu harus tahu mengenai informasi biaya hidup di negara Matahari terbit ini.

Untuk penerima upah disesuaikan dengan besaran pengeluaran dengan rata-rata lebih dari Rp15 juta per bulan.

Salah satu perusahaan bidang gim seperti Sega baru saja merilis kenaikan gaji 30 persen untuk karyawan bagi lulusan perguruan tinggi per 1 Juni 2023 lalu. Karyawan dengan lulusan perguruan tinggi dari Rp24,87 juta naik menjadi Rp33,62 juta. 

Dilansir dari berbagai sumber menyebutkan rata-rata biaya hidup orang di Jepang dengan lulusan perguruan tinggi tiap bulannya mencapai puluhan juta. 

Tempat tinggal menjadi kebutuhan yang tak terelakan. Biaya sewa di negara tersebut tentu lebih mahal dibanding dengan Indonesia. Sebut saja untuk satu kamar kos-kosan. Di sana, pada umumnya, untuk satu kamar dengan ukuran 85 meter persegi biaya sewanya bisa sekitar 290 ribu yen atau Rp30 juta lho tiap bulannya. 

Tentu tidak berikut biaya listrik, gas untuk memasak, dan biaya internet nya yah. 

Nah, sementara untuk biaya makan siang di sebuah restoran Jepang juga tidak murah lho, seperti makan di warteg kalian harus merogok kocek Rp100 ribu sampai Rp110 ribu. Jika Anda membeli makanan cepat saji, maka perlu menyiapkan biaya sekitar 500-900 yen setara Rp53 ribu sampai Rp95 ribu.

Minuman ukuran 1,5 liter dibanderol Rp14 ribu. Beras dijual seharga Rp58 ribu per kilogram. Susu 1 liter dijual Rp21 ribu. Ayam 1 kg dibandrol dengan harga Rp96 ribu. Sayuran bisa mencapai Rp56 ribu.

Sedangkan untuk biaya transportasi untuk satu tiket dengan satu arah dijual 220 yen sama dengan Rp24 ribu. Tiket monthly pass senilai 9 ribu yen sampai 10 ribu yen setara dengan rupiah Rp1 juta lebih.

Lalu bagaimana dengan biaya komunikasi atau seluler? Jika Anda mulai tinggal di Jepang, tentu harus mempunyai nomor baru dan mengikuti sistem kontrak dengan biaya 11.000 yen atau sekitar Rp1,1 juta per bulan untuk dapat berkomunikasi.

Selanjutnya, Anda hanya tinggal membeli paket data bulanan dengan kisaran harga 3.000 yen sampai 4.000 yen atau sekitar Rp425 ribu untuk paket internet dan telepon. Sedangkan jika ingin memasang WiFi pribadi, Anda memerlukan biaya tambahan sebesar 3.000 yen hingga 7.000 yen per bulan Rp744 ribu.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News