Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Tito Maulana
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Tito Maulana
KOMENTAR

KEGIATAN Halal Fair berlangsung hingga hari ini (Minggu, 6/8). Ajang sosialisasi gaya hidup halal ini dapat meningkatkan kepastian produk halal sekaligus momentum penguatan ekonomi Islam di Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Tito Maulana belum lama ini. 

"MES terus berkomitmen dukung pengembangan UMKM berbasis syariah," katanya. 

Dia menilai jadi salah satu misi MES dalam mendukung Indonesia menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia. 

Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), sebanyak 30 juta produk usaha membutuhkan sertifikasi halal. Namun hingga kini, baru sekitar 725 ribu produk yang bersertifikat halal dan 405 ribu di antaranya berasal dari sektor UMKM.

Jika dibandingkan dengan total UMKM di Tanah Air yang mencapai 64,2 juta, menurut Tito, jumlah ini masih sangat kecil sehingga dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk mendorong akses sertifikasi halal. 

Selain menggenjot sertifikasi halal bagi UMKM, Tito mengatakan MES juga membangun kemitraan yang saling menguntungkan antara usaha besar dan kecil. Di antaranya dengan membangun ekosistem halal value chain melalui integrasi antara unit usaha baik unit usaha kecil menengah dan besar hingga memfasilitasi akses permodalan dan pemberdayaan bagi UMKM. 

"Gaya hidup halal itu sangat luas aspeknya. Dari mulai pola pikir yang terimplementasi pada apa yang dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki, pun yang kita konsumsi harus diperhatikan bukan saja kehalalannya, tetapi juga thoyib (aman, sehat, dan baik)," terangnya. 

Sebagai The Most Inspiring Halal Event, Halal Fair kali ini menyuguhkan terobosan kreatif dengan memberikan ruang seluas-luasnya bagi keluarga muda dan kalangan entrepreneur muslim yang ingin meningkatkan kapasitasnya melalui pembelajaran langsung, demo, workshop dan sharing dengan para praktisi di bidangnya. Sebut saja diantaranya, cooking & baking live show hingga sharia wedding talk.




Bertentangan dengan Kesepakatan Internasional, Amerika Serikat Halangi Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Sebelumnya

Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News