ilustrasi gendong bayi/net
ilustrasi gendong bayi/net
KOMENTAR

Bayi sangat rentan terkena diare dan muntah. Terlebih bila si buah hati ikut melakukan kegiatan di luar untuk menghabiskan masa liburan hari raya Idul Adha yang panjang.  

Orang tua harus tahu, untuk pencegahan diare dan muntah, si kecil harus ditangkal dengan vaksin rotavirus agar tidak terpapar virus dan bakteri yang membuatnya muntaber.

Dilansir dari laman media social Instagram @citra_melinda, seorang Dokter spesialis anak, orangtua harus melakukan vaksin rotavirus terhadap bayi mereka terlebih berusia di bawah 6 bulan.

" Vaksin rota ini ada batas waktunya, berbeda dengan vaksin lain yang kalau telat bisa disusul. Dosis pertama itu paling telat usia 3,5 bulan (15 minggu)," demikian.

Vaksin Rotavirus ini, menurut dia bisa didapatkan di posyandu atau puskesmas dan sudah masuk ke dalam vaksin yang disubsidi pemerintah.

Posyandu atau puskesmas yang telah menyediakan vaksin ini diantaranya,  Sumsel, Babel, Sumut, Jabar, Jateng, Jatim, Bami, NTB, NTT, Kaltim, Kalsel, Sulsel, Sulut, Gorontalo, Maluku, Malut, Papua dan Papua Barat.

Sebagai informasi, rotavirus salah satu penyebab gastroenteritis (diare) yang paling umum pada anak-anak.

 Selain itu, virus ini juga mengakibatkan tingkat insiden yang serupa baik di negara maju maupun negara berkembang. Virus ini mengakibatkan sekira 70% episode diare menular pada kelompok usia anak-anak.

Diare ini bila menyerang pada bayi, berat badannya bisa berkurang drastis dengan cepat dan menghambat tumbuh kembangnya.

 

 




Mengapa Diabetes Bisa Menyebabkan Amputasi? Berikut Penjelasannya

Sebelumnya

Pentingnya Imunisasi Rotavirus Cegah Kegawatdaruratan Diare pada Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health