ilustrasi Desa Wisata/net
ilustrasi Desa Wisata/net
KOMENTAR

UNTUK meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat khususnya desa wisata dalam pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif, pemerintah melakukan "Sosialisasi Sadar Wisata 5.0" di Desa Wisata Sawitan, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (25/6).  

"Sehingga dapat memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat," kata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini M dikutip laman resmi Kemenparekraf.

Dia mengatakan, sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas dan pengembangan satu destinasi. 

"Ada tiga komponen penting dalam pengembangan satu destinasi, yakni atraksi, amenitas dan aksesibilitas atau yang bisa disebut 3A," ujarnya. 

Tapi tiga komponen ini, menurut dia,  tidak akan bisa berarti kalau human resource-nya atau sumber daya manusia tidak diangkat kualitasnya atau ditingkatkan peranannya.

Melalui program "Sosialisasi Sadar Wisata" ini, dirinya menyebutkan sebagai  bagian dari payung program "Kampanye Sadar Wisata".

"Guna mendorong peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan pariwisata di desanya,"terangnya. 

Secara khusus, dia menjelaskan, sosialisasi ini juga untuk mendorong peningkatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya penerapan Sapta Pesona, Pelayanan Prima, CHSE, pengelolaan homestay,.

"Serta perencanaan bisnis serta manajemen konflik," jelasnya. 

Selain Desa Wisata Sawitan, kali ini kegiatan juga berlangsung di Desa Wisata Tegalarum, Desa Wisata Bumiharjo, Desa Wisata Rambeanak, Desa Wisata Wringinputih, dan Desa Wisata Kembanglimus.

 




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News