KOMENTAR

BANYAK manusia tersesat di tengah hiruk-pikuk kebisingan dunia. Tak sedikit yang diperbudak dunia hingga tujuan hidupnya menjadi sedemikian jelas: uang. Karena mereka meyakini ‘apalah artinya hidup tanpa bisa menikmatinya, dan menikmati hidup hanya bisa dilakukan dengan uang’.

Mereka yang berkeyakinan demikian tidak akan tertarik untuk mengejar tiga hadiah sangat berharga yang diberikan Allah Swt. pada hamba-Nya. Yang perlu dipahami, tiga hadiah ini hanya diberikan semasa si hamba masih hidup di dunia. Semasa hiduplah, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk bisa mendapatkan ketiga hadiah tersebut, yang dapat kita nikmati manfaatnya di akhirat kelak.

1# Hidayah iman dan Islam

Hadiah pertama dari Allah adalah hidayah. Hidayah iman dan Islam tak terkira harganya, karena inilah yang membukakan jalan kita menuju ridha Allah. Hanya dengan hidayahlah, kita bisa berpijak pada tauhid dan menjalankan Islam sebagai way of life.

Bersyukurlah jika kita telah memiliki iman dan Islam. Yang harus kita lakukan adalah memupuk hidayah ini agar terus tumbuh subur.

2# Ampunan Allah

Hadiah kedua ini teramat mahal harganya. Dan kita hanya bisa berusaha keras untuk mendapatkannya semasa kita hidup di dunia. Ketika napas berhenti, tinggal perhitungan amal menanti. Tak ada lagi kesempatan untuk bertobat.

3# Husnul Khatimah

Inilah hadiah terbesar sekaligus hadiah terakhir bagi seorang muslim di penghujung hidupnya. Siapa meninggal dunia dalam husnul khatimah, ia memegang separuh tiket menuju surga. Jika ingin mengetahui apakah amal saleh seseorang diterima oleh Allah, karena sesuai sabda Rasulullah bahwa amalan dilihat dari akhirnya, maka perhatikanlah akhir kehidupannya.

Mari saling menyemangati agar tidak lelah mengejar tiga hadiah dari Allah selama napas berhembus.




Apa Hubungan Bersyukur dengan Percaya Diri bagi Seorang Muslimah?

Sebelumnya

Surah Al-Waqiah dan Ketenteraman Jiwa Seorang Muslim

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur