Webinar peluncuran dua program terbaru TikTok untuk memberdayakan UMKM/Net
Webinar peluncuran dua program terbaru TikTok untuk memberdayakan UMKM/Net
KOMENTAR

PLATFORM TikTok memiliki pengaruh besar terhadap ekosistem Indonesia, khususnya dalam mempercepat proses digitalisasi. Hal ini menjadi salah satu upaya pemerintah memanfaatkan platform tersebut untuk mempercepat digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia.

“Tidak hanya menjadi platform hiburan, TikTok juga berpengaruh besar terhadap ekosistem UMKM Indonesia," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di laman resmi Kominfo, Kamis (15/6).

Dia mengungkapkan rasa senang karena zaman sekarang perkembangan digital seperti TikTok mempermudah pertemuanantara pembeli dengan produsen. Selain itu, keberadaan platform digital menurut dia, membuat produsen dan pembeli terhubung secara langsung, sehingga memotong peran rantai distribusi.

“Ini sangat berpengaruh, khususnya bagi pelaku bisnis UMKM,” imbuhnya.

Pihak TikTok melalui CEO Shou saat kunjungannya ke Indonesia mengungkapkan rasa senang dan berterima kasih, Indonesia mendukung perkembangan platform melalui diterbitkannya izin TikTok Shop oleh pemerintah Indonesia. 

"Saat ini hampir 5 juta pelaku bisnis dari masyarakat Indonesia menggunakan platform Tiktok," akunya.

Dari jumlah tersebut, dikatakan Shou jadi mayoritas adalah UMKM dan 2 juta di antaranya berjualan melalui niaga elektronik TikTok Shop.

“Kita utamakan keamanan dan dan keselamatan. Saya ingin bekerja dengan regulator untuk memastikan bahwa TikTok akan aman untuk pengguna indonesia," jelasnya.

Salah satu harapan Shou adalah barang Indonesia dapat dijual tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luarnegeri melalui platform TikTok.

CEO Shou berkomitmen untuk terus berkembang dan berinvestasi di Indonesia. Menurutnya,Indonesia merupakan salahsatu pasar terpenting di dunia dan pasar terpenting kawasan Asia Tenggara.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News