Mevlana Museum, tempat tinggal sekaligus makam Jalaluddin Rumi/ Pixabay
Mevlana Museum, tempat tinggal sekaligus makam Jalaluddin Rumi/ Pixabay
KOMENTAR

DALAM webinar yang diselenggarakan Indo Islamic Heritage Center (IIHC) pada 5 Juni 2023 tentang "Hubungan Antara Sufisme India dan Anatolia", Direktur Indo Islamic Heritage Center (IIHC) dan Gaddi Nasheen dari Dargah Khwaja Saheb Ajmer Sharif, Profesor Syed Liaqat Hussain Moini, mengatakan bahwa sufisme India dan Anatolia berbagi beberapa hubungan karena pertukaran sejarah dan budaya yang terjadi antara anak benua India dan Anatolia (Turki modern) selama berabad-abad.

Dilansir Latestly (6/6/2023), tasawuf, mistisisme Islam, atau asketisme yang disebarluaskan dari berbagai daerah, termasuk India dan Anatolia, mengembangkan karakteristik unik dalam setiap konteks.

Pembicara Utama Webinar Issa Golitzen Farajaje, seorang cendekiawan Sufi AS yang berbasis di Turki, mengatakan meskipun tasawuf India dan Anatolia memiliki cita rasa dan praktik regional yang berbeda, keduanya saling berhubungan melalui garis keturunan spiritual yang sama, pertukaran budaya, dan pengaruh tokoh terkemuka seperti Rumi dan orang-orang suci Chishti.

Koneksi ini, menurut Farajeje, telah berkontribusi pada keragaman dan kekayaan tradisi sufi di kedua wilayah tersebut.

Hubungan paling signifikan antara sufisme India dan Anatolia adalah melalui pengaruh penyair dan mistik Sufi Persia terkenal, Mevlana Jalaluddin Rumi.

Ajaran dan puisi Rumi, yang disusun dalam karyanya Masnawi, memiliki pengaruh yang mendalam pada tasawuf di kedua wilayah tersebut.

Tulisan-tulisannya tentang cinta, pengabdian, dan penyatuan dengan ketuhanan beresonansi dengan para sufi di India dan Anatolia.

Dia menambahkan bahwa sama halnya dengan tarekat Chishti, salah satu tarekat Sufi terkemuka di India, menelusuri silsilah spiritualnya kembali ke Khwaja Moinuddin Chishti, seorang sufi suci dari wilayah Chisht di Afghanistan saat ini.

Ajaran dan praktik Khwaja Moinuddin Chishti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sufisme di Anatolia, khususnya melalui muridnya, Khwaja Qutbuddin Bakhtiar Kaki, yang bermigrasi ke Delhi dan menyebarkan tarekat Chishti di sana.

Tarekat Chishti menjadi populer di India dan kemudian mempengaruhi tradisi sufi di Anatolia.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon