Ilustrasi tidur nyenyak/Pixabay
Ilustrasi tidur nyenyak/Pixabay
KOMENTAR

GANGGUAN tidur dan depresi ternyata memiliki hubungan timbal balik. Menurut psikolog, gangguan tidur bisa menyebabkan depresi dan sebaliknya, depresi dapat menjadi penyebab gangguan tidur.

Banyak orang mendatangi psikolog untuk berkonsultasi tentang gangguan tidur dan rasa pusing yang dialami.

Agar kita bisa memiliki kualitas tidur yang baik dan menghindarkan kita dari depresi, mari lakukan 8 (delapan) cara berikut ini untuk mengatasi gangguan tidur.

  1. Mencoba meluangkan waktu untuk relaksasi sebelum tidur, Seperti melakukan yoga, membaca buku, mendengarkan musik dengan irama pelan, hingga mandi air hangat.
  2. Melatih diri untuk tetap berpikir positif. Sebab, berpikir positif bisa membuat seseorang terhindar dari gangguan cemas dan stres.
  3. Mengurangi konsumsi minuman berkafein, khususnya saat sore hingga malam hari.
  4. Mengonsumsi makanan bernutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
  5. Menghindari kebiasaan merokok di malam hari, khususnya sebelum tidur.
  6. Mengantisipasi perubahan jam tidur saat sedang bepergian dan bekerja dengan cara menyusun aktivitas harian setiap sebelum tidur.
  7. Menciptakan kamar tidur yang nyaman agar istirahat lebih tenang.
  8. Menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga. 

Mengalami gangguan tidur tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Akibatnya, waktu istirahat menjadi tidak teratur dan tubuh menjadi tidak segar di pagi hari.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health