Peluncuran pandemic fund G20/ Net
Peluncuran pandemic fund G20/ Net
KOMENTAR

INDONESIA mendorong pembentukan pandemic fund (dana pandemi) untuk kawasan ASEAN untuk kesiapan negara-negara ASEAN dalam mencegah dan mengendalikan penyakit di masa depan.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023) menyatakan bahwa dana pandemi tersebut dapat dimaksimalkan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons menghadapi potensi pandemi di masa mendatang.

Dalam KTT ke-42 ASEAN, sektor kesehatan akan fokus pada pemenuhan dana pandemi. Penyusunan proposal terkait dana pandemi tengah sedang dilaksanakan.

Menkes Budi menegaskan bahwa kawasan ASEAN wajib memiliki pembiayaan untuk mencegah dan menghadapi pandemi. Pengalaman memperlihatkan bahwa Indonesia menghadapi disrupsi terberat dalam seabad terakhir yaitu pandemi COVID-19.

Dana pandemi menjadi sangat urgen mengingat pada pandemi COVID-19 dunia terbukti tidak memiliki kesiapan karena tidak adanya arsitektur kesehatan yang andal dalam mengelola pandemi.

Berdasarkan pengalaman tersebut, semua negara di dunia harus bisa menjamin ketahanan komunitas internasional guna menghadapi kemungkinan pandemi di masa yang akan datang.

Terbukti bahwa sektor kesehatan dan sektor ekonomi sangat terkait terutama dalam persiapan pencegahan, kesiapsiagaan, serta respons menghadapi situasi kesehatan global.




Pembatalan Kenaikan UKT oleh Menteri Nadiem Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelumnya

Menteri Nadiem Batalkan Kenaikan UKT

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News