Aneka dessert khas Indonesia dalam Jakarta Dessert Week/Net
Aneka dessert khas Indonesia dalam Jakarta Dessert Week/Net
KOMENTAR

HAMPIR setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas. Tidak hanya makanan asin dan pedas yang menaawrkan cita rasa luar biasa memanjakan lidah, Nusantara juga punya dessert khas yang tidak kalah menggugah selera.

Kalau di luar negeri, dessert identic dengan makanan penutup. Bedanya, dessert di Indonesia lebih dikenal dengan makanan manis dan minuman menyegarkan yang bisa dikonsumsi kapan saja. Jenis makanan ini biasanya disebut sebagai camilan atau jajanan pasar.

Tidak kalah lezat dengan varian hidangan pencuci mulut dari luar negeri, jajanan tradisional Indonesia ini bisa menutup akhir sesi makan dengan manis. Saking lezatnya, bisa-bisa mulut dan perut tidak berhenti melahapnya.

Karena itulah kemudian Jakarta Dessert Week (JDW) secara perdana melebarkan sayapnya ke luar Jakarta, melalui festival serupa berformat restaurant week di Medan Dessert Week (MDW) yang digelar pada 18 April hingga 4 Juni 2023.

Konferensi pers MDW di Talaga Sampireun Menteng, Jakarta Pusat/Farah.id

Yang membuat MDW berkelas, ada proses kuratorial pada restoran, kafe, dan toko kue yang akan mengikuti event besar ini. Hanya yang dianggap memiliki narasi dessert terbaiklah yang berhak menjadi peserta MDW.

“Serupa dengan JDW, partisipan MDW ditantang untuk menciptakan limited edition menu temanik,” kata Co-Founder JDW & MDW Gupta Sitorus, ditemui di konferensi pers MDW di Talaga Sampireun Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/4).

Adanya limited edition menu menjadi ruang kreatif yang dibutuhkan para seniman dapur untuk bergerak out of the box dan sebagai penyegaran dari rutinitas di industri. Di sisi konsumen, limited edition menu menjadi pengalaman yang memanjakan, mengikuti tren konsumen urban yang menyenangi segala yang baru dan bersifat terbatas. Diharapkan, keseruan ini menciptakan percakapan dan membangun ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan industri dessert di Medan.

Potong dessert sebagai tanda resmi akan diselenggarakannya MDW 2023/Farah.id

“Dengan talenta lokal yang sarat potensi, tawaran dessert dan pastry di Medan begitu berwarna. Kami ingin Medan tak sekadar kue tradisional, tapi juga dikenal dengan dessert modernnya,” ujar pegiat industri ekonomi kreatif di Medan Albert Arden.

Sebagai perkenalan ke masyarakat Medan, MDW akan dibuka dengan keramaian DESSERT MARKT: A Pop-Up by Medan Dessert Week selama 18-21 Mei 2023 di Sun Plaza. Bazaar ini akan melibatkan lebih dari 60 pelaku industri dessert dan pastry di Medan.

DESSERT MARKT merupakan IP terbaru dari JDW awal tahun ini, sebagai platform berniaga bagi emerging brands. DESSERT MARKT perdana berlangsung di ASHTA District 8, Jakarta, pada 26 Januari hiingga 30 April 2023.

Jakarta Dessert Week (JDW) adalah festival dessert dan pastry terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung ekosistem industrinya dengan memberikan ruang kreatif bagi pelaku.

Diadakan dalam format restaurant week di mana Jakarta Dessert Week mengajak berbagai restoran, kafe, bakery, dan merchant lainnya di seluruh Jakarta untuk membuat kreasi menu khusus sesuai tema setiap tahunnya yang hanya tersedia selama periode festival. Pertama kali diadakan pada 2019, JDW telah mengangkat berbagai tema mulai dari “Retro”, “Magic”, “Art”, hingga “Diversity”.




Mudahnya Memiliki Rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah dari BJB

Sebelumnya

Taiwan Halal Center Hadirkan Produk Makanan & Minuman Bersertifikat Halal, Siap Menembus Pasar Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon