Tiga kota besar Indonesia masuk SCI 2023/Net
Tiga kota besar Indonesia masuk SCI 2023/Net
KOMENTAR


TIGA kota besar Indonesia masuk dalam Smart City Index (SCI) 2023 yang dirilis The Smart City Observatory, bagian dari IMD World Competitiveness Center.

Ketiga kota tersebut adalah DKI Jakarta, Medan, Sumatra Utara dan Makassar, Sulawesi Selatan. 

Dalam daftar tersebut, Jakarta menduduki urutan ke-102, Medan menempati urutan ke-112, dan Makassar posisi ke-114 sebagai smart city atau kota pintar terbaik di dunia.

Jakarta dan Medan dianggap layak berada dalam daftar tersebut karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sanitasi dasar daerah miskin, memiliki layanan daur ulang yang memuaskan, memiliki fasilitas transportasi publik yang baik, mempermudah layanan akses informasi pemerintah daerah, hingga memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Adapun Makassar dinilai memiliki rapor baru untuk beberapa area seperti, akses informasi terhadap keputusan pemerintah daerah, kemampuan mengatur janji temu medis secara online dan kemudahan penggunaan angkutan umum berkat penjualan tiket dan penjadwalan secara online.

Meskipun prestasi ini membanggakan, namun SCI memberikan beberapa catatan khusus terhadap Jakarta dan Makassar perihal prioritas yang perlu diperhatikan.

Jakarta perlu lebih memperhatikan polusi udara, kemacetan dan korupsi. Kemudian Makassar memiliki 'pekerjaan rumah' berupa pengangguran, kemacetan dan korupsi.

 

 




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News