Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LEBARAN semakin dekat, biasanya muncul permasalahan baru yaitu ‘pergi’-nya sejumlah asisten rumah tangga (ART) ke kampung halaman. Akibatnya, Bunda merasa kewalahan dan sulit untuk mencari pengganti.

Berkat kemajuan teknologi, masyarakat kini dipermudah untuk melakukan banyak hal, salah satunya mencari ART dengan bantuan aplikasi. Hal tersebut dianggap dapat menghemat waktu, uang, tenaga, dan memiliki tingkat keamanan yang lebih terjamin.

Buat Bunda yang ingin mencari ART selama masa mudik Lebaran, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang terpercaya:

Gomaid

Aplikasi ini memiliki fokus pada penyedia jasa ART yang sesuai kebutuhan dan sudah tersedia cukup banyak di kota-kota besar, terutama Jakarta. Di aplikasi ini, Bunda bisa mencari ART yang bekerja selama bulanan atau yang dibayar secara harian.

Adapun jasa-jasa yang ditawarkan dari aplikasi Gomaid adalah:

  • Daily Cleaning: jasa ini bisa dipesan sesuai kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan, seperti untuk menyetrika pakaian atau hanya mencuci pakaian.
  • Furniture and car: layanan ini khusus untuk membersihkan furnitur dan mobil.
  • Ironing: jasa menyetrika pakaian yang dibayarnya per jam.
  • Monthly maid: jasa ini mencakup membersihkan debu, mencuci piring, dan lainnya, dengan waktu kerja 5 jam/hari.

Okhome

Aplikasi ini baru berlaku di Jakarta. Harga yang diberikan untuk tiap jasa yang digunakan disesuaikan dengan luas dan tipe bangunan yang akan dibersihkan. Layanan yang ditawarkan mencakup:

  • Pembersihan rumah secara menyeluruh
  • Pembersihan saat pindahan
  • Layanan langganan

KlikNClean

Layanan ini sudah tersedia di Android dan Iphone, dengan jangkauan Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, sampai Medan. Tidak hanya membersihkan rumah, layanan ini juga dapat diakses untuk membersihkan kantor, kos-kosan, apartemen, dan lainnya.

Berikut ini beberapa fitur yang yersedia:

  • General cleaning: layanan untuk membersihkan toilet dan kamar
  • Ironing: jasa setrika dengan bayaran per jam
  • Deep: pembersihan rumah dengan layanan ekstra
  • Move in cleaning: jasa membersihkan selama pindahan

TukangBersih Indonesia

Salah satu yang menjadi andalan dari aplikasi ini adalah fitur membership, yang memberikan kemudahan pemesanan jasa secara berkala dan kebebasan mengatur jadwal pembersihan.

Penyedia layanan mengklaim telah melakukan seleksi para pekerjanya dengan standar tinggi perhotelan. Untuk menjaga keamanan, setiap pekerja dilengkapi dengan aplikasi yang terhubung dengan system untuk mengawasi pekerjaan yang dilakukan.

Bunda, itulah beberapa rekomendasi aplikasi penyedia jasa ART yang bisa dihubungi pada masa Lebaran. Semoga bisa membantu, ya!




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family