Ilustrasi tes kesehatan calon pengantin/Net
Ilustrasi tes kesehatan calon pengantin/Net
KOMENTAR

BERBICARA tentang persiapan pernikahan bisa dibilang gampang-gampang susah. Tidak sedikit hal yang perlu dipersiapkan oleh calon pengantin, seperti undangan, katering, gedung, makeup, dan sebagainya. Yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kesehatan calon pengantin.

Tes kesehatan pra nikah dianggap sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan calon pengantin secara menyeluruh. Dengan begitu, segala bentuk penyakit menular yang mungkin diderita calon pengantin, akan terdeteksi.

Hal ini erat kaitannya dengan perencanaan kehamilah secara sehat, sehingga anak yang dilahirkan bisa tumbuh optimal, terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.

Menyunting laman Instagram resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ada 7 tes kesehatan yang wajib dilakukan tiap-tiap calon pengantin. Tes kesehatan ini penting dan kini menjadi syarat utama bagi calon pengantin.

  1. Pemeriksaan darah dan HIV/AIDS. Tes ini bersifat wajib dan dilakukan dengan memakai sampel darah pasangan calon pengantin. Pemeriksaannya meliputi tes hemoglobin, sel darah merah dan putih, trombosit, hematokrit, dan laju endap darah. Pemeriksaan bertujuan untuk mencari tahu risiko anemia pada calon ibu hamil, untuk meminimalisir risiko stunting pada anak.
  2. Pemeriksaan golongan darah dan rhesus. Bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kecocokan rhesus dengan pasangan. Ini penting untuk keperluan transfusi darah, baik pada ibu ataupun bayi.
  3. Tes Urine. Tujuannya unuk mendeteksi adanya kelainan ginjal, saluran kemih, dan penyakit metabolik atau sistemik. Tes urine juga dapat meyakinkan para orang tua bahwa anak mereka telah memilih pasangan yang tepat, sehingga dapat melahirkan keturunan yang sehat.
  4. Pemeriksaan kadar gula darah. Langkah ini penting dilakukan untuk mendegah terjadinya komplikasi yang disebabkan diabetes selama masa kehamilan.
  5. Tes penyakit menular seksual. Tes ini untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit HIV, sifilis, herpes, hepatitis, gonore, dan HPV.
  6. Pemeriksaan organ reproduksi. Secara garis besar, tes kesehatan ini dilakukan untuk mencari tahu kesuburan serta reproduksi calon pengantin, apakah dalam keadaan sehat atau sebaliknya.
  7. TORCH. Tes Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simpleks ini penting diketahui agar tidak terjadi keguguran dan bayi lahir prematur.

Nah, itulah 7 tes kesehatan yang wajib dilakukan oleh para calon pengantin.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family