Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SUDAH menjadi hal yang maklum saat menyajikan menu berbuka puasa, namun rasa dari masakan yang dibuat terlalu asin, manis, atau bahkan pedas. Hal ini wajar, karena saat memasak Bunda tidak bisa mengoreksi rasa makanan lantaran sedang berpuasa.

Kalau sudah begitu, biasanya apa yang Bunda lakukan?

Nah, berikut ini beberapa langkah ‘menyelamatkan’ makanan yang terlalu manis, asin, bahkan pedas, agar enak disantap.

Makanan terlalu asin

Seringkali makanan terlalu asin karena begitu banyak garam yang ditaburkan. Untuk mengatasinya, Bunda bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Manfaatkan potongan kentang. Saat masakan terlalu asing, potong kentang dan masukan ke dalam masakan. Jika kentang berubah menjadi transparan, itu artinya ia sudah menyerap kandungan garam dalam masakan tersebut.
  • Tambahkan krim atau susu. Menambahkan krim atau susu bisa Bunda lakukan pada masakan sup yang keasinan.
  • Buang sedikit air masakan, kemudian isi kembali dengan air matang, dan masak sebentar hingga air bergolak. Kemudian, tes rasa.
  • Cara lainnya, berikan sedikit gula untuk mengurangi rasa asinnya.

Masakan terlalu pedas

Untuk menyelamatkan masakan yang terlalu pedas, Bunda bisa memanfaatkan:

  • Selai kacang. Tambahkan sedikit saja selai kacang pada masakan yang pedas.
  • Gunakan bahan lainnya seperti kaldu, kacang kalengan, kentang, atau tomat.
  • Gunakan produk dairy seperti yoghurt, sour cream, susu, atau krim biasa ke dalam masakan.
  • Tambahkan bahan yang manis seperti gula atau madu, atau berikan bahan masakan dengan rasa asam seperti lemon atau jeruk nipis.

Makanan terlalu manis

Rasa asam selalu efektif dalam memperbaiki cita rasa makanan yang kacau akibat terlalu manis. Bunda bisa menambahkan aneka rasa asam seperti cuka, mustard, hingga perasan jeruk lemon.

Tapi, biasanya penambahan rasa asam akan efektif untuk hidangan bertekstur pasta, seperti saus spaghetti, salsa, ataupun saus cabai.

Nah Bunda, tidak perlu membuang masakan yang sudah terlalu asin, pedas, atau manis ya. Bunda hanya perlu melakukan beberapa trik di atas untuk menyelamatkan rasa dari masakan-masakan tersebut.

Selamat mencoba!




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family