Erina Gudono/Net
Erina Gudono/Net
KOMENTAR

ERINA Gudono ternyata pandai memasak, lho. Tidak hanya enak, masakan istri Kaesang Pangarep ini diklaim sehat, karena rendah gula dan lemak.

Mengintip akun Instagram pribadinya, Minggu (26/3), Erina sedang membuatkan kolak pisang untuk Sang Suami, sebagai menu puasa.

“Ramadan hari ke-2! Aku masak kolak rendah gula, soalnya Mas Kaesang nggak terlalu suka manis jadi nggak pake gula pasir sama sekali. Tapi tetep ada sedikit rasa manisnya,” kata Erina.

Pada unggahan berikutnya, Puteri Indonesia 2022 dari Daerah Istimewa Yogyakarta itu menunjukan kolak buatannya yang berisi pisang dan ubi, serta kuahnya yang berwarna putih.

Menantu Presiden Joko Widodo ini mengatakan kalau ia hanya menggunakan gula jawa dari kemasan produk diet. Santannya pun dipakai yang rendah lemak.
“Gula Jawa tetap pakai, tapi pakai gula jawa Tropican* Slim 3 sendok makan untuk 600-700 ml (takaran bisa bervariasi sesuai selera). Santan juga mix dari tropican* less fat,” tulis dia.

Kolak pisang sendiri ternyata memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi saat berbuka puasa. Mengutip Hello Sehat, berikut sejumlah manfaat kolak pisang:

1. Mengembalikan energi setelah berpuasa

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolak pisang memiliki kalori yang cukup tinggi. Pada dasarnya, asupan tinggi kalori memberikan pasokan tenaga untuk tubuh. Nantinya, energi ini digunakan untuk beraktivitas fisik. Dengan mengonsumsi kolak pisang, kalori yang sudah terpakai selama berpuasa bisa dikembalikan.

2. Mengurangi risiko anemia

Folat dan zat besi pada pisang kepok dan santan yang digunakan bisa mengurangi anemia. Kondisi ini muncul ketika tubuh kekurangan hemoglobin atau zat pada sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tetapi perlu diingat, tidak bisa mengonsumsi banyak kolak pisang karena makanan tersebut cukup tinggi kalori dan gula.

3. Menambah asupan kalium

Kalium adalah salah satu mineral yang diperlukan tubuh. Kalium berfungsi membantu otot dan saraf berkontraksi, menjaga detak jantung agar tetap normal, mengedarkan zat gizi ke seluruh sel tubuh, membuang sisa metabolisme, juga mengontrol tekanan darah dengan membuang natrium berlebih melalui urin.

Pada dasarnya, seluruh bahan-bahan pada kolak mengandung kalium. Hanya saja, manfaat kolak pisang bisa didapatkan secara maksimal dari pisang kepok. Sebagai sumber kalium, satu buah pisang kepok mengandung 1.310 mg kalium.

4. Menjaga rasa kenyang lebih lama

Kandungan protein dan lemak santan serta serat pisang menjaga rasa kenyang lebih lama. Mengutip studi terbitan Journal of Obesity & Metabolic Syndrome (2020), asupan protein merangsang produksi hormon peptide YY dan menurunkan hormon ghrelin.

Hormon peptide YY berguna untuk menimbulkan rasa kenyang, sementara hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar.

5. Menu takjil padat gizi

Manfaat kolak pisang yang satu ini berasal dari kandungan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro adalah kandungan gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar dan membantu memberikan energi. Zat gizi ini terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat. Sementara itu, zat mikro adalah zat gizi yang dikonsumsi dalam jumlah kecil yang meliputi vitamin dan mineral.

Nah, gimana Sahabat Farah? Tertarik untuk membuat menu takjil kolak pisang rendah kalori seperti Erina Gudono? Semoga berhasil dan enak yah.




Kenakan Hijab Biru, Penyanyi SZA Rayakan Idulfitri di Selandia Baru

Sebelumnya

Cristiano Ronaldo Unggah Ucapan Eid Mubarak, Netizen Indonesia Langsung Tanya “Kapan Login”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment