Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MARHABAN YA RAMADAN. Bulan nan suci telah tiba, seluruh umat Muslim saling berlomba untuk meraih keberkahan, meraih banyak pahala dan berupaya untuk selalu menebarkan kebaikan kepada sesama.

“Ya Allah, jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa, dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam, dan jauhkan aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku, wahai Tuhan sekalian alam, dan ampunilah aku, wahai pengampun para pembuat dosa.”

Pada 10 hari pertama Ramadan, tubuh sedang mencoba beradaptasi dengan kondisi baru, karena harus menahan lapar dan hauz dari adzan subuh hingga terbenamnya matahari.

Dan di 10 hari pertama ini, seluruh keberkahan dan pahala akan diberikan dan dicatat dalam jumlah yang berlibat ganda. Namun, itu semua harus diimbangi dengan melakukan amalamn-amalan, seperti tadarus Qur’an, bersedekah, salat sunnah, salawat, dan amalan lainnya.

Banyak keutamaan yang bisa diraih umat Muslim di 10 hari pertama puasa. Seperti doa yang dikabulkan. Adapun 6 keutamaan yang bisa diraih di 10 hari pertama ini adalah:

1. Banyak doa yang dikabulkan

Ada waktu-waktu tepat yang bisa kamu gunakan untuk memanjatkan doa, yaitu di waktu adzan berkumandang, waktu berpuasa, sahur, dan di malam Lailatul Qadar.

2. Pintu rahmat terbuka lebar

Pintu rahmat yang terbuka lebar ini bisa dimanfaatkan untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan ibadah sebanyak-banyaknya. Sebab setiap kebaikan yang dilakukan, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

3. Memohon ampunan Allah

Di 10 hari pertama Ramadan, Allah membukakan pintu ampunan dan pintu taubat selebar-lebarnya. “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Alla Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Perbanyak amal dan ibadah

Sebisa mungkin, di 10 hari pertama puasa, lakukan banyak ibadah seperti salat sunnah, witir, dzikir, dan membaca Al-Qur’an, atau hal-hal lainnya. Lakukan secara rutin agar pahalanya banyak dan berkah.

5. Penuh berkah dan keberuntungan

“Telah menceritakan kepada kami, Abu Kuraib Muhammad bind ‘Ala bin Kuraib telah menceritakan kepada kami Abu Baks bin Ayasy dari A’masy dari Abu Shalin dari Abu Hurairah ra, dia berkata: ‘Rasulullah Saw bersabda, pada malam pertama bulan Ramadan, setan-setan dan jin-jin yang jahat dibelenggu dan pintu-pintu surge dibuka, tidak ada satupun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru, wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah, Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadan’.” (HR At Tirmidzi)

6. Perbanyak tadarus Qur’an

Allah berfirman dalam surat Al Bawarah ayat 185, yang artinya: “Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah Swt yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan.”

Nah, itulah 6 amalan yang sebaiknya dilakukan di 10 hari pertama Ramadan, untuk mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah Swt.




Anggunnya Keberanian Seorang Asma binti Abu Bakar

Sebelumnya

Memahami Faedah Bertawakal untuk Membebaskan Diri dari Penderitaan Batin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur