Ilustrasi menu selama Ramadan/Net
Ilustrasi menu selama Ramadan/Net
KOMENTAR

PUASA Ramadan hukumnya wajib bagi umat muslim yang sudah masuk dalam kategori wajib berpuasa. Dalam Surat Al Baqarah ayat 183, Allah berfirman, yang artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu (berpuasa) agar kamu bertakwa.”

Selama Ramadan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa dengan menahan lapar, haus dan segala yang membatalkannya, dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau waktu maghrib.

Biasanya, selama Ramadan Bunda menyiapkan beraneka ragam masakan. Nah, ada baiknya kali ini Bunda menyiapkan makanan-makanan yang dianjurkan dikonsumsi selama bulan puasa, untuk menjaga stamina dan memenuhi gizi anggota keluarga.

Nasi Merah dan Gandum

Nasi merah kaya akan karbohidrat dan merupakan makanan kaya serat serta memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Nasi merah mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan cocok untuk dikonsumsi saat Ramadan.

Sementara gandum, perlu dikonsumsi agar tubuh lebih kuat beraktivitas. Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang menjaga agar tubuh tidak cepat lapar. Bunda bisa menyiapkan olahan gandum menjadi beragam jenis roti, terutama ketika waktu sahur.

Daging Putih

Mengonsumsi daging selama puasa mampu memenuhi sumber protein dalam tubuh. Tapi, ada baiknya mengonsumsi daging putih daripada daging merah, karena lebih mudah dicerna tubuh. Bunda bisa menyiapkan daging ayam yang diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Anek Sayuran

Sayuran merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi selama berpuasa, terutama saat sahur. Sayuran akan menjaga pencernaan tubuh agar tetap sehat, karena memiliki banyak manfaat seperti menjaga kekebalan tubuh, mencegah penyakit buruk, dan lainnya. Bunda bisa menyiapkan sayuran dari bahan-bahan seperti wortel, brokoli, buncis, kacang panjang, dan lainnya.

Buah-Buahan

Sediakan pula buah-buahan sebagai menu berbuka puasa. Pilih buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi, yang akan menjaga agar tubuh tetap bugar saat berpuasa serta menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh

Baiknya buah-buahan dikonsumsi 15 menit sebelum makan, dan Bunda bisa memilih buah seperti apel dan jeruk.

Susu

Susu merupakan sumber nutrisi yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Asam folat, fosfor, kalium, dan magnesium, ada di dalamnya. Sediakan sebagai menu saat sahur, karena akan membuat tubuh lebih berenergi.

Bunda bisa menyiapkan susu full cream yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Jika tidak suka susu, bisa diganti dengan yoghurt yang memiliki kandungan gizi sama.




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family