KOMENTAR

TEH kayu manis adalah minuman yang menenangkan dan mempunyai beragam manfaat bagi Kesehatan.  Namun demikian, jangan sampai kita mengonsumsi terlalu banyak the kayu manis, karena apa pun yang dikonsumsi berlebihan biasanya mempunyai risiko yang mesti diperhatikan.

Teh kayu manis adalah minuman sehat yang bisa dinikmati di rumah atau saat bepergian. Ini juga enak dan hemat biaya. Tapi Ingatlah bahwa itu bukan obat untuk semua gangguan kesehatan.

Berikut ini empat di antara manfaat terbaik teh kayu manis versi Greatist.

Sumber antioksidan yang baik

Teh kayu manis sarat dengan antioksidan. Senyawa sehat ini membantu menetralkan radikal bebas, molekul yang berhubungan dengan kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Secara khusus, kayu manis merupakan sumber padat antioksidan polifenol. Studi juga menunjukkan bahwa teh kayu manis dapat meningkatkan total kapasitas antioksidan (TAC) dalam tubuh.

Menurut sebuah studi tahun 2018, ekstrak kayu manis dapat digunakan sebagai pengganti antioksidan sintetik dalam makanan untuk meningkatkan kesehatan dan gizi. Namun, kita tetap membutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengetahui seberapa baik kerjanya.

Membantu kesehatan jantung

Kayu manis dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Studi menunjukkan kayu manis bisa mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL (baik), meningkatkan sirkulasi darah yang sehat, juga menurunkan trigliserida darah dan kolesterol total.

Kayu manis saja tidak akan menyembuhkan penyakit jantung. Tapi itu mungkin membantu mengurangi risiko kondisi jantung tertentu bila dikombinasikan dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Menjaga kulit tetap kencang

Kayu manis dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Protein ini bertindak sebagai bahan pembangun untuk banyak bagian tubuh, termasuk kulit. Kolagen dapat meningkatkan elastisitas dan meningkatkan hidrasi. Pada gilirannya, ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang. Selain itu, sifat antiinflamasi dan antibakteri kayu manis menjadikannya obat jerawat yang baik.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Bukan berarti kita menjadi Rapunzel dalam semalam, tapi kayu manis bisa membantu rambut tumbuh sedikit demi sedikit.

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2018 menemukan bahwa minyak kayu manis membantu memanjangkan rambut pada laki-laki. Ini mungkin karena kadar cinnamaldehyde dalam kayu manis. Senyawa ini dianggap meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke folikel rambut.

Selain itu, tinjauan tahun 2019 menemukan bahwa procyanidin—sejenis flavonoid yang ditemukan dalam kayu manis—juga dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

Ada juga studi yang menunjukkan penggunaan kayu manis pada kulit kepala dapat menghilangkan ketombe, berkat sifat antijamurnya. Tetapi sekali lagi, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaatnya.

Porsi aman teh kayu manis untuk dikonsumsi

Minum satu porsi kecil teh kayu manis sekali sehari masih terbilang aman. Sangat penting tidak berlebihan, karena jumlah kayu manis yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati.

Kita bisa membuatnya di rumah menggunakan batang kayu manis dan air. Inilah cara cepat, murah, dan menenangkan. Namun jika ingin membeli produknya, pastikan membeli merek berkualitas tinggi agar terjaga dosis amannya.




Puasa Tetap Aman Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Sebelumnya

Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health