Owner Novera Store Jeanite Adeline, menunjukan bahan tencel di koleksinya/Dok Novera
Owner Novera Store Jeanite Adeline, menunjukan bahan tencel di koleksinya/Dok Novera
KOMENTAR

ISTILAH sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan mungkin sudah sering kita dengar. Beberapa merek fesyen ternama kerap mengeluarkan koleksi khusus ramah lingkungan atau bahkan keseluruhan produknya diklaim menggunakan produk ramah lingkungan.

Namun, masih banyak dari kita yang sebetulnya belum memahami apa keunggulan dari produk-produk fesyen dengan bahan ramah lingkungan.
Bahan-bahan pakaian yang terbuat dari serat alami bisa kembali terurai jika ditanam ke dalam tanah. Kain Tencel, salah satu yang popular.

Tencel adalah sejenis rayon, seperti viscose dan modal. Semua serat selulosa ini dibuat dengan cara yang sama dengan melarutkan pulp kayu dan menggunakan proses pengeringan khusus yang disebut pemintalan.

Sebelum dikeringkan, serpihan kayu dicampur dengan pelarut untuk menghasilkan campuran basah. Campuran ini kemudian didorong melalui lubang-lubang kecil untuk membentuk benang, diproses secara kimia, kemudian serat panjang dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain.

Kain ini memiliki kualitas yang tinggi dibandingkan dengan yang lainnya, karena prosesnya terbilang cukup panjang dan sangat teliti.

Bagaimana perawatan bahan tencel ini? Berikut tips menarik dari owner Novere Store Jeanita Adeline.

  • Pencucian

Ada beberapa mencuci pakaian maupun sprei berbahan tencel. Untuk sprei, kamu bisa mencucinya menggunakan jasa laundry terdekat dengan menggunakan teknik dry clean.

Jika ingin mencuci sendiri, gunakan air dengan suhu normal. Atau kami bisa menggunakan mesin cuci, namun lebih disarankan untuk mencuci menggunakan tangan.

Saat mencuci di rumah, pastikan deterjen yang digunakan adalah deterjen yang lembut. Disarankan untuk menggunakan softener atau pelembut pakaian. Sangat tidak disarankan menggunakan pemutih pakaian, karena akan menyebabkan tekstur tencel cepat rusak dan tidak dapat diatur dengan baik.

  • Pengeringan

Pada saat melakukan pengeringan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: tidak disarankan mengeringkannya dengan mesin cuci, karena dapat merusak serat kain. Jadi, alangkah baiknya langsung menjemur di bawah sinar matahari setelah dicuci.

  • Penyetrikaan

Perawatan terakhir yaitu penyetrikaan. Setrika pakaian dengan suhu rendah atau pilih opsi kain sutra.

Begitulah cara merawat pakaian berbahan Tencel. Kain Tencel adalah kain dengan kualitas tinggi, tidak heran jika harganya lebih mahal ketimbang jenis kain lainnya.




Limited Stock, Buttonscarves Gandeng Halima Aden Luncurkan Koleksi The Crown Series

Sebelumnya

Ini Dia Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Harus Kamu Hentikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA