KOMENTAR

DALAM beberapa waktu terakhir, masyarakat mendapati fenomena turun hujan di malam hari yang disertai angin kencang. Hal ini menimbulkan rasa penasaran tentang apa yang tengah terjadi.

Tak pelak, akun Instagram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) @infobmkag dipenuhi pertanyaan dari sejumlah warganet. 

Mereka menanyakan perihal hujan setiap malam yang sudah terjadi lebih dari dua malam, apakah terkait dengan fenomena tertentu? Ada apa dengan angin yang lebih dingin dibandingkan angin biasa? Pertanyaan itu tak hanya diajukan oleh warga Jabodetabek tapi juga warga daerah lain seperti Bandung.

Terkait pertanyaan-pertanyaan yang diajukan warganet, BMKG memberi penjelasan sebagai berikut.

Kondisi cuaca saat ini adalah dampak tidak langsung dari Siklon Tropis Freddy yang sedang bergerak menjauhi Indonesia. Siklon sedang berada di Samudera Hindia barat daya Pulau Jawa yang memicu pusat tekanan udara rendah di bagian selatan Indonesia.

Gangguan tersebut menyebabkan peningkatan kecepatan angin dan perubahan pola angin yang kemudian membentuk sejumlah daerah konvergensi yang memanjang di sepanjang Pulau Jawa.

Hal itu berefek pada terbentuknya awan hujan secara kontinu hingga menyebabkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Durasi yang cukup lama terjadi pada malam hingga dini hari.

Siklon Tropis Freddy diperkirakan akan menjauh dalam beberapa hari ke depan. Namun pusat tekanan rendah di selatan Indonesia masih akan memberi dampak yang sama. Siklon Tropis Freddy adalah siklon tropis yang terbentuk di Samudera Hindia selatan.

Siklon Tropis adalah badai tropis atau topan (typhoon) yang disebut siklon (cyclone) jika terbentuk di sekitar India atau Australia dan disebut hurricane apabila terbentuk di Samudera Atlantik.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News