Farah.id/Pasha
Farah.id/Pasha
KOMENTAR

SNIFFING adalah proses memantau dan menangkap semua paket data yang melewati jaringan tertentu yang kemudian informasi di dalamnya akan diambil tanpa izin atau dicuri.

Sniffing kerap kali digunakan tangan-tangan jahil untuk mengambil data guna keperluan pinjaman online dan lainnya. Mereka yang dicuri datanya akan merasakan dampak negatif dari pencurian itu.

Untuk menghindari sniffing, lakukan beberapa langkah ini:

  • Jangan pernah buka file mencurigakan

Apabila mendapat pesan berisi file atau tautan mencurigakan, jangan pernah sekali-kali membuka tautan tersebut. File mencurigakan salah satunya adalah aplikasi tak terpercaya, biasanya dengan ekstensi apk atau exe.

  • Hati-hati mengunduh file

Laman internet yang tak terbatas juga menjadi ‘wahana bermain’ yang subur bagi para sniffer. Biasanya, korban tak sadar jika aplikasi berbahaya masuk ke ponsel atau komputer saat sedang mengunduh file.

  • Jangan gunakan WiFi untuk transaksi keuangan

Mengingat WiFi adalah salah satu gerbang masuk bagi cyber crime sniffing, maka perlu kewaspadaan dalam menggunakan jaringan bersifat terbuka itu.

Jadi, Sahabat Farah berhati-hati ya dan bijak menggunakan internet serta media sosial. Jangan sembarang klik atau unduh, agar data-data pribadi kamu tidak tercuri.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family