Ilustrasi/ Pinterest
Ilustrasi/ Pinterest
KOMENTAR

HEALING yang dianggap sebagai sebuah jurus ampuh untuk mengusir penat, rasa bosan, hingga stres, seringkali disalahartikan sebagai plesiran ke luar negeri atau berbelanja barang-barang serba branded di mal.

Padahal, jika kita tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup, healing dalam artian di atas tentulah akan menimbulkan masalah besar. Alih-alih menghilangkan stres, justru bikin kita terlibat utang dan makin stres.

Psikiater dr. Ida Rochmawati, M.Sc., Sp.KJ(K) membagikan tips merawat kesehatan murah meriah antiribet dalam akun Instagram @newidapsikiater.

#1 Tidur yang cukup. Sekalipun ada yang mengatakan kualitas nomor utama, kita tetap butuh waktu tidur yang cukup agar tubuh bisa terasa segar dan otak jernih.

#2 Gaya hidup sehat. Sudah pasti, kebiasaan sehat akan menjadikan tubuh sehat. Dan tubuh yang sehat akan menjadikan jiwa menjadi sehat.

#3 Membiasakan mengatakan hal baik pada diri sendiri. Jika bukan kita yang menghargai diri kita sendiri, siapa lagi?

#4 Menghargai perubahan kecil yang sudah kita lakukan. Kita harus menyadari bahwa segala sesuatu menjalani proses untuk bisa berubah ke arah yang lebih baik. Jangan selalu tergesa-gesa.

#5 Menyediakan waktu untuk diri sendiri. Kita butuh me time untuk menarik napas, bernapas dengan lebih tenang, dan memikirkan apa yang diri kita butuhkan. Setelah kita sudah berdamai dengan diri sendiri, barulah kita bisa memikirkan orang lain dengan baik.

#6 Fokus pada hal yang bisa kita kendalikan. Kita mengerjakan bagian kita, dan biarkan Yang Kuasa mengerjakan bagian-Nya. Kita adalah hamba. Adalah kewajiban kita untuk bersyukur dan berusaha. Tentang hasilnya, kita tawakkal agar tidak terlalu terpuruk manakala harus gagal.

#7 Memaafkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi. Kesalahan adalah kesuksesan yang tertunda. Jika ada kekeliruan yang pernah kita lakukan di hari kemarin, ikhlaskanlah. Hanya dengan begitulah kita bisa merasa tenang dan siap melanjutkan kehidupan.




Tidak Bisa Menyelesaikan Pekerjaan Benarkah Pertanda Adanya Gangguan ADHD?

Sebelumnya

Finansial Antijebol PascaLebaran, Ini Tips dari OJK

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family