Dampak gempa di Suriah/ GI
Dampak gempa di Suriah/ GI
KOMENTAR

GEMPA yang terjadi di Turki juga melanda Suriah. Hingga Jumat pagi (10/2/2023), tercatat setidaknya 3.677 warga Suriah meninggal dunia akibat gempa.

Seorang warga Suriah bernama Ahmad Kaaka mengatakan bahwa dia sudah terbiasa menghadapi peperangan. Rakyat bersama tentara menghadapi tindakan terorisme. Namun, ketika gempa melanda, mereka dilanda ketakutan luar biasa.

“Gempa ini sangat menakutkan, bagaimana semua hancur dalam sekejap, tapi saya bersyukur kepada Allah karena masih hidup. Alhamdulillah,” ujarnya.

Perang dan konflik bersenjata memang telah akrab dengan keseharian warga Suriah.

Dikutip dari The Guardian, orang-orang yang tinggal di barat laut Suriah terbiasa terbangun di malam hari karena bangunan yang runtuh. Seringkali, kehancuran disertai dengan suara jet yang terbang di atas kepala saat Bashar al-Assad dan sekutu Rusianya menjatuhkan bom di sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur sipil lainnya.

Terperangkap di antara kekuatan tentara dan pemberontak, kehidupan sekitar populasi 4,5 juta jiwa ini sudah sangat sulit: begitu juga dengan serangan udara, di beberapa tempat masih terjadi pertempuran darat episodik, dan 91 persen warga bergantung pada bantuan untuk bertahan hidup.

Gempa berkekuatan 7,8 yang melanda wilayah itu pada dini hari Senin, dan guncangan kedua yang kuat beberapa jam kemudian, menambah penderitaan yang sudah tak tertahankan.

“Awalnya saya mengira itu adalah helikopter yang menjatuhkan bom barel. Saya bangun dan pergi untuk mengambil anak saya,” kata Ismail Alabdullah, seorang relawan penyelamat White Helmets dari desa Sarmada.

“Kami biasa menggali orang dari reruntuhan tapi ini berbeda. Begitu banyak orang yang masih terjebak dan mereka akan mati karena kita tidak memiliki peralatan yang cukup untuk menjangkau mereka semua. Tidak ada yang tersisa, tidak ada sama sekali.”

Empat pusat pelayanan medis yang dijalankan Perhimpunan Medis Amerika Suriah rusak parah. Dokter dan perawat kewalahan, mayat menumpuk di samping mereka. Petugas kesehatan dan korban selamat dipenuhi debu puing.

“Saya telah merawat banyak anak dan saya khawatir akan ada lebih banyak lagi yang mati di bawah puing-puing yang akan datang. Orang akan kehabisan udara dan mati,” kata Dr Osama Salloum, yang bekerja di rumah sakit Bab al-Hawa dekat perbatasan Turki, seperti dilaporkan The New York Times.

“Ini adalah bencana skala yang belum pernah kita lihat sebelumnya dan saya takut seperti saya takut terhadap serangan udara. Saya takut dengan keadaan keluarga saya. Ada dokter yang belum kami dengar kabarnya, jadi mungkin mereka juga sudah meninggal.”




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News