Personel Basarnas dikerahkan untuk bantu korban gempa Turki/Net
Personel Basarnas dikerahkan untuk bantu korban gempa Turki/Net
KOMENTAR

SEBANYAK 74 personel Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) dikerahkan untuk membantu pencarian korban gempa magnitudo 7,8 di Turki.

"Kita akan kirimkan satu tim SAR gabungan 47 orang terdiri dari tim Basarnas, TNI-Polri, Kementerian Kesehatan. Kita akan memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan korban yang diperkirakan masih tertimpa bangunan atau gedung runtuh," ujar Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, Rabu (8/2/2023).

Personel tersebut, kata Agus, akan diberangkatkan sore hari ini di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan pesawat TNI AU.

Para personil yang diberangkatkan itu, kata Agus, telah memenuhi kualifikasi medium class dari INSARAG (International SAR Advisory Group), badan di bawah PBB yang menangani masalah gempa.

"Kita sudah di ases sama tim INSARAG, kemampuan kita baik dari sisi manajemen, search and rescue, sarana dan prasarana, peralatannya medisnya dan sebagainya. Semuanya sudah dinilai oleh mereka dan sudah dinyatakan memenuhi persyaratan, sehingga kita sudah bisa diperbantukan untuk membantu saudara kita," lanjut Agus.

Disampaikan Agus, personel dan peralatan  pencarian serta pertolongan yang dikirimkan dari Indonesia dikhususkan untuk bangunan runtuh, guna mencari dan menyelamatkan korban dari reruntuhan bangunan.

"Alat pencari seperti life detector untuk mendeteksi panas tubuh. Kita juga membawa anjing pelacak dari Direktorat Polisi Satwa Mabes Polri, dua ekor K9," ujar Agus.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News