Kastil Gaziantep di Turkiye yang berusia 2000 tahun sebelum gempa/Net
Kastil Gaziantep di Turkiye yang berusia 2000 tahun sebelum gempa/Net
KOMENTAR

GEMPA besar berkekuatan 7,8 magnitudo  yang menghantam Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) lalu menelan ribuan korban jiwa dan menghancurkan sejumlah bangunan, termasuk Kastil Gaziantep. 

Kastil yang diperkirakan berusia 2000 tahun yang merupakan peninggalan Romawi. Kastil tersebut sebelumnya dikenal sebagai Benteng Gaziantep. 

Dikutip dari Al Jazeera, Kastil yang secara lokal dikenal sebagai Gaziantep Kalesi tersebut hancur dengan banyak tembok dan menara pengawasnya rata dengan tanah serta bagian lain juga rusak. 

Bagian terparah yang runtuh berada di puncak kastil. Tidak hanya pada puncak kastil, benteng disekitarnya pun ikut hancur. 

"Beberapa benteng di bagian timur, selatan dan tenggara Kastil Gaziantep yang bersejarah di distrik Sahinbey tengah hancur akibat gempa, puing-puingnya berserakan di jalan,” lapor kantor berita pemerintah Turki, Anadolu, Senin (6/2/2023)

Sebelum runtuh kastil ini sedianya akan dijadikan Museum oleh Pemerintah Turki. 

Kastil yang dibangun sekitar abad ke 2 atau ke 3 Masehi ini merupakan salah satu situs bersejarah di Turki. Bangunan ini awalnya digunakan sebagai titik observasi dan pangkalan militer pada era Bizantium.

Kastil ini juga merupakan saksi sejarah beberapa perubahan kepemimpinan di Turki, termasuk kepemimpinan Ayyubiyah pada abad ke 12 dan 13 Masehi dan Kekaisaran Ottoman yang berkuasa pada abad ke 13 hingga awal abad ke-20. 

Sebelum runtuh, Kastil Gaziantep ini dijadikan tempat untuk napak tilas kisah kepahlawanan di kota Gaziantep.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News