BTS, salah satu boy band Korea yang berhasil 'dilahirkan' oleh Big Hit Entertainment/Net
BTS, salah satu boy band Korea yang berhasil 'dilahirkan' oleh Big Hit Entertainment/Net
KOMENTAR

BIG Hit Music adalah perusahaan hiburan asal Korea Selatan yang didirikan pada 2005 oleh Bang Si-hyuk sebagai Big Hit Entertainment. Pada 2021, perusahaan ini mengelola penyanyi solo Lee Hyun, dan grup vokal pria BTS dan TXT. Dulunya adalah rumah bagi penyanyi solo Lim Jeong-hee dan grup vokal 8Eight, 2AM, dan Glam.

Perusahaan ini kemudian mengganti namanya menjadi Big Hit Music oleh perusahaan induknya Hybe Corporation, sebelumnya bernama Big Hit Entertainment Co.

Dilansir dari berbagai sumber, dalam sebuah wawancara, Bang Shi Hyuk membocorkan seberapa banyak biaya trainee di Big Hit Entertainment. Biaya yang disebutkannya tersebut untuk durasi waktu satu tahun.

Bang Shi Hyuk menyebutkan, biaya yang harus ditanggung oleh Big Hit Entertainment untuk melakukan pelatihan selama satu tahun kepada para trainee mencapai 120 juta KRW atau setara dengan 1,57 miliar rupiah.

Tahapan awal yang harus dilalui adalah training (pelatihan). Periode pelatihan sendiri bisa berlangsung selama beberapa bulan hingga tahun, tergantung pada kemampuan trainee (peserta pelatihan) dan jadwal debut mereka.

Walaupun terbilang besar, jumlah tersebut merupakan biaya rata-rata yang dikeluarkan oleh agensi manapun. Biaya ini bisa saja naik jika agensi menginginkan trainee mendapatkan pengalaman yang lebih baik, seperti pelatihan di luar negeri.

Banyaknya fasilitas yang disediakan, menjadi salah satu alasan besarnya biaya trainee di Big Hit Entertainment. Selama menjalani pelatihan, para trainee akan disediakan tempat tinggal yakni dorm atau asrama, juga biaya makan. Big Hit Entertainment dan agensi Big 3 lainnya diketahui tidak akan meminta ganti biaya yang dikeluarkan semasa menjadi trainee.

Selanjutnya, trainee akan mendapatkan penghasilan sejak memulai debut tanpa harus membayar kembali pihak agensi. Namun, mungkin saja ada beberapa agensi yang menganggap bahwa itu utang, sehingga harus diganti oleh trainee ketika sudah debut dan mendapatkan penghasilan.

Salah satu Boy band jebolan Big Hit Entertainment adalah BTS yang sukses mencetak sejarah baru bagi industri musik Korea Selatan. Belum lama ini, BTS dipercaya untuk menjadi utusan khusus Presiden Moon Jae In guna menghadiri Sidang Umum PBB Ke-76 di New York.

Padahal, dulu BTS mengalami kendala saat memproduksi video music lantaran kondisi keuangan Big Hit Entertainment yang terbatas. Namun kini perjalanan BTS dan Big Hit Entertainment tidak sia-sia, karena keduanya sukses menembus pasar Internasional.




Menanti AESPA Live Tour: SYNK Parallel Line di Jakarta, Catat Tanggalnya

Sebelumnya

Satu Lagi Penyanyi Indonesia Debut Jadi Girl Group K-Pop: Kimberley Fransa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment