Prof. Dr. Sri Indarti, SE, M.Si/ Centro Riau
Prof. Dr. Sri Indarti, SE, M.Si/ Centro Riau
KOMENTAR

PROF. Dr. Sri Indarti, SE, M.Si terpilih menjadi Rektor Universitas Riau periode 2022-2026 dan mencatatkan namanya sebagai rektor perempuan pertama di kampus tersebut.

Sebelumnya, Prof. Indarti adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRI yang baru habis masa jabatannya di tahun 2023. Ia juga pernah menjabat Ketua Jurusan Manajemen, Ketua Program Studi S2 Manajemen, dan Wakil Dekan 1 (Bidang Akademik) Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Prof. Indarti adalah sulung dari tiga bersaudara yang telah terbiasa hidup mandiri sejak usia remaja. Ia mengenang masa SMP ketika harus bersekolah di kota yang jauh dari rumah lantaran di desanya belum ada SMP. Di usia awal belasan itu, ia sudah tinggal di rumah kos karena butuh waktu malam menggunakan kapal untuk sampai ke sekolah.

Lulus dari SMPN 1 Rengat dan SMAN 8 Pekanbaru, ia kemudian berkuliah di jurusan Manajemen UNRI dan lulus tahun 1987. Satu tahun kemudian, Prof. Indarti mengabdikan diri ke almamaternya sebagai dosen jurusan manajemen.

Ia melanjutkan S2 di Universitas Andalas pada tahun 1994 setelah menikah dan memiliki dua anak. Lalu di tahun 2010, Prof. Indarti menempuh jenjang S3 di Universitas Brawijaya.

Terlihat bagaimana ia begitu gigih untuk memperjuangkan pendidikannya. Dan tak hanya untuk dirinya, ilmu itu menjadi kontribusinya untuk memajukan generasi muda dan lingkungan sekitarnya.

Prof. Indarti dikenal sebagai orang yang berprinsip bahwa bekerja harus mempunyai komitmen dan melaksanakan tanggung jawab secara amanah dan sungguh-sungguh. Komitmen itu akan melahirkan hasil baik yang mungkin tidak terasa dalam waktu cepat tapi akan terlihat di masa depan.

Ia juga selalu memotivasi orang-orang di sekitarnya untuk pantang menyerah.

"Tidak boleh berputus asa, karena setiap individu pasti mempunyai potensi dan kelebihan masing-masing. Ada seseorang mungkin tidak terlalu pintar, tapi dia mau belajar," kata Prof. Indarti, dikutip dari Centro Riau.

Prof. Indarti meyakini bahwa pendidikan adalah kekuatan yang mampu mengubah pola pikir manusia dan mengubah kehidupan manusia.

Karena itulah, ketika melihat orang lain memiliki privilege yang dibanggakan, misalnya berasal dari keluarga pejabat atau keluarga kaya, kita sebaiknya tidak berkecil hati.

Menurut Prof. Indarti, apa yang dibanggakan orang lain harus menjadi penyemangat bagi kita untuk berprestasi. Pencapaian itulah yang kelak akan memuliakan diri kita dan membuat kita menjadi sosok yang membanggakan. Pesannya, "Jika orang lain bisa melakukannya, kita juga pasti bisa."




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women